10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

  • Bagikan
destinasibali 1 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

detaklifestyle, Wisata – Bali merupakan kota terbaik yang terkenal akan tempat wisatanya, tak heran jika para wisatawan mancanegara selalu mengunjungi tempat ini. Karena di Pulau Bali dilengkapi dengan pantai-pantai indah dan menakjubkan, monumen bersejarah dan pemandangan cantik yang akan memanjakan mata Anda. 

Berikut 10 Tempat Wisata Terbaik Di Bali yang patut Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.

1. Taman Tirta Gangga Karangasem

taman tirtagangga bali 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Tempat Wisata Terbaik di Bali yang dapat Anda kunjungi adalah Taman Tirta Gangga yang sebelumnya digunakan sebagai Istana Kerajaan yang lengkap dengan taman air yang indah, kolam ikan, kolam rendam dan air mancur yang sangat ideal untuk dijelajahi. Secara bahasa, Tirta Gangga memiliki arti air suci dari sungai Gangga. Nama ini adalah sebuah kehormatan bagi masyarakat hindu Bali karena Gangga adalah sungai yang disucikan. Istana air ini juga sebuah labirin berbentuk kolam dan air mancur serta dihiasi dengan patung.

Memiliki lahan yang luas kurang lebih 1,2 Hektar, Tirta Gangga dibagi kedalam tiga tingkatan. Di tingkatan pertama merupakan bangunan tertinggi yang memiliki sumber mata air tepat di bawah Beringin, Taman Tirta Gangga dibangun dan dirancang pada tahun 1948 oleh raja terakhir Karangasem. 

2. Pulau Nusa

Yellow Bridge Nusa Lembongan Bali 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Tidak ada yang membuat Bali lebih istimewa daripada pantainya yang memukau. Berjalan tanpa alas di sepanjang tepian pantai di pasir putih pantainya yang bersih dan lembut atau masuk ke perairan Samudera Hindia menyegarkan menjadi kegiatan sempurna yang bisa Anda dapatkan di Pulau Nusa. 

Kepulauan Nusa yang terdiri dari Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida yang letaknya saling berdekatan sangat layak untuk Anda kunjungi. Jika Anda tertarik untuk berselancar, menyelam, snorkeling, Pulau ini merupakan tempat terbaik di mana Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat utama wisata pulau dari Teluk Jamur dan Pantai Impian.

3. Pura Tanah Lot

Tanah Lot Temple 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Pura Tanah Lot merupakan lokasi wisata di Bali yang banyak menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam pantainya dengan bangunan Pura di atas bukit. Pura ini menjadi ikon wisata di Pulau Bali, sekaligus tempat pertunjukan atraksi bagi wisatawan.

Sesuai namanya, Tanah berarti daratan, dan Lot atau lod yang berarti laut. Sehingga penamaan pura ini bisa diartikan sebagai sebuah daratan yang ada di laut. Hal ini karena saat air pasang, Pura terlihat seakan mengambang di lautan.

4. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Pura Ulun Danu Bratan merupakan candi  kompleks yang terletak di dekat danau Bratan di kawasan wisata Bedugul, Tabanan, Bali. Itu didirikan di danau alami. Ulun Danu terdiri dari dua kata, Ulun dan Danu. Ulun berarti tempat tinggi. Danu berarti danau. Jadi, Ulun Danu berarti danau di dataran tinggi. 

Candi ini didirikan sebelum 1634 seperti yang tertulis dalam tulisan tangan “Babad Mengwi”. Pendirinya adalah Raja I Gusti Agung Putu, Raja Kerajaan Mengwi. Itu untuk berdoa kepada Dewi Kesuburan dan merujuk pada istri Siwa. Kemudian berkembang menjadi sistem irigasi Bali yang adil (Subak) untuk memasok air ke sawah dan perkebunan di sekitar dan di bawah danau.

5. Goa Gajah

goa gajah this is bali 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Goa Gajah adalah sebuah situs cagar budaya dan salah satu situs peninggalan sejarah di bumi nusantara, yang wajib dijaga dan dilestarikan keberadaannya, warisan kerajaan Bali kuno dari masa tempo dulu ini, menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Bali, sehingga bisa sampai saat ini.

Meskipun namanya Goa Gajah, Anda tidak akan menemukan hewan Gajah di sekitar gua. Dengan batu ukiran yang rumit, kolam renang dan halaman yang mempesona, Goa Gajah memberi kesempatan bagi para pengunjungnya.

6. Teras Sawah ‘Terasering’ Tegalalang di Ubud

teraseringsawah 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Tempat wisata Ubud sudah terkenal dengan alam dan budayanya yang banyak menghipnotis wisatawan untuk kembali berkunjung. Salah satu tempat wisata yang menjadi maskot di Ubud adalah Sawah Teraseringnya.

Sebenarnya sawah terasering di Bali tidak hanya ada di Ubud, namun ada juga di Jatiluwih Tabanan. Sawah Tegalalang Ubud akan benar-benar memanjakan mata anda, hamparan warna hijau dan sejuknya udara di sawah Tegalalang akan membuat liburan anda lebih menyenangkan dan berkesan.

Teras Sawah Jatiluwih mencakup area seluas lebih dari 600 hektar berada di Desa Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Jatiluwih merupakan desa wisata dengan panoramanya yang indah disertai dengan sawah berundak. Udaranya juga sejuk karena berada pada ketinggian 7000 mdpl.

7. Air Terjun Sekumpul

lelungan.id 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali
Foto: lelungan

Terletak di wilayah utara Pulau Bali, Air Terjun Sekumpul terdiri dari 7 air terjun dan terkenal sebagai Air Terjun Terindah Di Pulau Bali. Pada kunjungan Anda ke air terjun ini, Anda akan menemukan sawah, desa wisata setempat dan banyak lagi yang lainya.

Wisata air terjun sekumpul sangat cocok dikunjungi bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Pasalnya, untuk mencapai lokasi air terjun ini, anda harus berjalan menyusuri medan tracking yang cukup sulit serta harus menyebrangi beberapa sungai dan tangga-tangga yang cukup licin dan berbahaya. Air terjun sekumpul memiliki keunikan tersendiri yang jarang dimiliki oleh air terjun lain yaitu air yang jatuh tidak hanya muncul dari satu celah saja, melainkan dari banyak celah. Karena hal inilah sehingga air terjun ini diberi nama air terjun sekumpul.

8. Gunung Batur

gunung batur 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Mendaki Gunung Batur yang menakjubkan dengan melihat matahari terbit (sunrise) dengan pemandangan siluet gunung adalah hal yang dapat kamu saksikan di gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Kintamani, Bali.  Perjalanan mendaki gunung dengan sarapan piknik yang nikmat dengan telur yang dimasak di atas uap gunung berapi. 

Pemandangan yang sangat menakjubkan di atas puncak gunung akan membuat Anda benar-benar tidak bisa berkata apa-apa. Untuk mencapai puncak sebaiknya kamu mengenakan pakaian dan sepatu hiking yang sesuai. Jika Anda menginap di hotel di Seminyak, Bali, Periksalah apakah tour hiking ke Gunung Batur ditawarkan oleh pihak hotel.

Di Gunung Batur, Anda juga dapat menyaksikan kawah kaldera dan danau dimana aliran air di dalam tanahnya mengalir ke Danau Batur yang muncul menjadi mata air di beberapa tempat di Bali dan dianggap sebagai “Tirta Suci”.

9. Pura Uluwatu

uluwatu shutterstock com 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali
foto: shutterstock

Pura Uluwatu Bali terletak perbukitan Pecatu selatan Pulau Bali. Dimana termasuk wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta,Badung. Lokasi pura Uluwatu dari kota Denpasar berjarak kurang lebih 30 km ke arah Selatan melalui kawasan pariwisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban dan Desa Jimbaran.

Pura Uluwatu merupakan salah satu Ikon Pariwisata Pulau Bali yang pasti akan ditampilkan disetiap promo wisata di Bali. Candi ini adalah bintangnya Bali yang terletak diatas tebing yang megah atau berada sekitar 70 meter di atas Samudera Hindia yang berwarna biru. Pura Uluwatu juga merupakan salah satu Tempat Wisata Terbaik Di Bali paling menakjubkan yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Pulau Bali.

Pemandangan Matahari Tenggelam dari Pura Uluwatu sangatlah menakjubkan dan sangat direkomendasikan oleh siapapun terutama jika Anda menginap di hotel seperti Anantara Seminyak Bali Resort. Pura Uluwatu terletak di Bukit Peninsula dan sering juga disebut Pura Luhur Uluwatu.

10. Pura Luhur Lempuyang

pura luhur lempuyang 10 Tempat Destinasi Wisata Terbaik Di Bali

Tempat Wisata Terbaik Di Bali selanjutnya adalah Pura Luhur Lempuyang. Objek wisata ini dikenal sebagai Candi Hindu Tertua dan Paling Suci di Bali. Pura lempuyang yang berada di dataran tinggi ini punya pesona spesial bagi banyak wisatawan.

Pura ini terdiri dari tujuh buah pura dengan desain arsitekturnya yang unik dan bernilai seni tinggi. Untuk menuju ke pura utamanya setiap wisatawan harus menaiki anak tangga terlebih dahulu sebanyak 1700 buah.

Cukup banyak anak tangga yang harus didaki namun selama perjalanan ke atas wisatawan akan disuguhkan pemandangan disekitar dan kicauan burung-burung yang bebas berkeliaran. Wisatawan dilarang mengganggu flora dan fauna yang hidup di alam sekitar. Sangat disarankan untuk menaikinya saat pagi hari karena dengan udaranya yang masih jauh lebih segar di pagi hari akan berdampak positif bagi tubuh, yang disebut sebagai pemurnian.

Baca juga:  5 Hotel Termahal di Indonesia, Fasilitas Super Wah!
  • Bagikan