2 Tips Supaya Kamu Lebih Pede Public Speaking

  • Bagikan
Public Speaking 2 Tips Supaya Kamu Lebih Pede Public Speaking
foto: Freepik

Berbicara di hadapan umum atau public speaking jadi hal yang ditakuti sebagian orang, apalagi kalau kamu gak bisa buat public speaking. Bukan hal aneh lagi, jika ketakutan tersebut ketika sedang melakukan kegiatan ini.

Takut adanya kesalahan dalam public speaking menjadi tekanan ketika kita berdiri sendiri di hadapan orang banyak yang memfokuskan pandangan dan perhatiannya kepada kita sehingga kita menjadi tegang. Bahkan, ada kalanya justru membuat kita tidak mampu melakukan ini dengan baik.

Kamu mungkin bertanya-tanya: Apakah itu public speaking dan mengapa itu penting? Pertanyaan tersebut cukup logis jika kamu tidak pernah berpikir banyak tentang berbicara di depan umum sebelumnya.

Namun, sadarkah kamu bahwa kemampuan public speaking itu penting untuk dikembangkan? Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan kemampuan ini. Mulai dari presentasi di kelas, memimpin rapat organisasi, memberikan pelatihan dan dalam dunia kerja pun bisa jadi kita diminta untuk melakukan presentasi di hadapan orang-orang penting perusahaan.

Baca juga:  Patah Hati? Begini Cara Mengikhlaskan Seseorang Yang Masih Disayang

Oleh karena itu, entah untuk tujuan apapun, sudah seharusnya kita memiliki kemampuan public speaking. Sering merasa kurang percaya diri? Baca tips ini, yuk!

2 Tips Supaya Kamu Lebih Pede Public Speaking

Seperti kemampuan lainnya, lama-lama kita jadi terbiasa dan menjadikan hal ini sebagai kegiatan yang mudah dan menyenangkan. Kita bisa melakukan kegiatan ini dengan baik di depan orang-orang dengan tips singkat ini.

1. Ganti Fokus

Public Speaking = bentuk komunikasi ke public.

Fokus public speaking : Menyampaikan pesan ke public, bukan perform di depan public.

Kenapa fatal jika salah fokus? karena pertanyaan yang muncul beda.

perform : “Gimana cara supaya gue disukai audiens?”

komunikasi : “Gimana cara materi ini dimengerti audiens?”

2. Ganti Latihan

Latihan depan kaca saja tidak cukup, coba divideoin pakai HP. Nanti kamu bisa koreksi dari video nya bagian mana yang masih kurang dan latihan yang paling penting, Latihan sama audiens.

Baca juga:  4 Tips Menghadapi Pasangan Sensitif

Jika depan kaca saja, audiens nya gak ada, begitu ketemu audiens takut banget. Coba latihan depan orang, terserah mau dengan orang tua atau teman dekat, bisa ketemu langsung dan juga lewat telepon,video call.

Perhatian

Perlu diingat, public speaking ini memang susah-susah gampang, keterampilan yang semakin sering kamu latih maka akan semakin lancar dan makin pede. Nah, itulah 2 tips supaya kamu lebih pede public speaking. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan