Orang Dewasa Juga Butuh Masih Butuh Vaksinasi

  • Bagikan
vaksin orang dewasa Orang Dewasa Juga Butuh Masih Butuh Vaksinasi

detaklifestyle, Health – Musim hujan telah datang. Kesehatan perlu dijaga saat musim tersebut. Pasalnya, ketika tubuh sering kehujanan maka berisiko sakit. Tak cuma itu, cuaca yang kurang bersahabat juga bisa menjadi penyebabnya.

Tentu Anda pun tak ingin mengalami sakit saat musim hujan sekarang ini. Beberapa orang memilih dengan menjaga asupan makanan, ada juga yang menambah dengan suplemen atau vitamin tertentu.

Tujuannya tentu agar kondisi tubuh tetap fit dan sehat. Hanya saja suplemen tersebut hanya dikonsumsi pada saat dibutuhkan, sehingga fungsi menjaga tubuh berlaku dalam jangka waktu tertentu saja. Lantas, apakah ada cara lain untuk bisa menjaga kondisi tubuh dalam jangka waktu cukup lama?

Menurut dr. CH. Budi Baskara W. Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Solo, caranya dengan memberikan imunisasi. Tentu ada yang berpikir bukannya sejak kecil sudah diberi beberapa jenis imunisasi. Kenapa pas dewasa pun tetap bisa diberikan imunisasi?

“Pada intinya imunisasi adalah upaya yang dilakukan dengan sengaja memberikan kekebalan tubuh [dengan vaksinasi] kepada anak maupun orang dewasa sehingga terhindar dari penyakit,” jelas dr. Budi Baskara ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis (2/1/2020).

Imunitas buatan itu lanjutnya, ada imunitas pasif yakni di mana tubuh tidak membentuk antibodi, tetapi menerima antibodi, dan imunitas aktif terjadi apabila tubuh membentuk kekebalan atau antibodi sendiri.

Vaksinasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen, sehingga apabila apabila kelak terkena antigen yang sama, tubuh sudah mempunyai zat kekebalan atau antibodi sehingga tidak terjadi penyakit.

Jadi tubuh bereaksi ketika menerima antigen dengan menghasilkan antibodi. Sehingga mencegah terjadinya penyakit pada orang yang sudah divaksin. Bahkan imunisasi selain mencegah sakit juga melenyapkan penyakit tertentu dari dunia, seperti penyakit cacar.

“Untuk orang dewasa imunisasinya tentu berbeda dengan imunisasi yang diberikan kepada anak-anak,” jelasnya.

  • Bagikan