VPS HOSTING
VPS HOSTING

Waspada, Sederet Penyakit Menular di Musim Hujan

  • Bagikan
terkena virus Waspada, Sederet Penyakit Menular di Musim Hujan

lifestyle, Health – Ada banyak penyakit yang berpotensi menjangkiti manusia di musim penghujan. Pasalnya, datangnya musim penghujan selalu diikuti berbagai bencana alam, mulai dari banjir hingga longsor.

Itulah sebabnya masyarakat diimbau menjaga kondisi kesehatan tubuh dari kemungkinan serangan penyakit. Kepala IGD RS Awal Bros Bekasi Barat, Vian Setiawan, menjelaskan ada beberapa penyakit yang mungkin terjadi di musim hujan.

Hujan yang turun terus menerus menimbulkan genangan bahkan hingga memicu banjir. Lingkungan yang digenangi air menjadi lahan perkembangbiakan nyamuk. Kondisi tersebut menyebabkan muntaber, leptospirosis, demam dengue, infeksi saluran pernapasan, hingga eczema kulit.

Semua penyakit itu termasuk jenis yang menular. Seperti muntaber yang bisa ditularkan lewat makanan atau minuman yang tercemar bakteri. Sementara infeksi saluran napas dapat menular dari batuk atau lewat udara. Sedangkan demam dengue menular karena virus yang dibawa nyamuk.

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi tersebut menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari dehidrasi, perdarahan organ dalam akibat demam dengue, hingga infeksi otak yang disebabkan leptospirosis.

Penyakit tersebut bisa dicegah dengan melakukan pemeliharaan pada sanitasi tanpa perlu menunggu musim hujan tiba. Jika musim hujan tiba, risiko terkena penyakit tersebut akan jauh lebih tinggi.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *