Apa Itu IDI (Ikatan Dokter Indonesia)? Temukan Jawabanya disini

  • Bagikan
ikatan dokter indonesia Apa Itu IDI (Ikatan Dokter Indonesia)? Temukan Jawabanya disini

detaklifestyle – Taukah kalian bahwa indonesia mempunyai perkumpulan para dokter yang menamakan kelompok mereka Ikatan Dokter Indonesia atau lebih dikenal singkatannya yaitu IDI. Namun, selain IDI ada sebuah organisasi lagi yang menjadi wadah para dokter dan dokter gigi berkumpul, yaitu Konsil Kedokteran Indonesia, yang disingkat KKI.

Antara IDI dan KKI yang lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia, adalah IDI. Akan tetapi, tahukah Anda apa perbedaan antara IDI dan KKI? Sekilas memang hampir sama, karena menjadi wadah berkumpul para dokter di Indonesia, tapi dalam laman resmi masing-masing ada sebuah perbedaan yang bisa dipelajari dan membedakan keduanya.

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) merupakan suatu badan otonom mandiri, non struktural dan bersifat independen, yang bertanggung jawab kepada Presiden RI.

Badan yang didirikan pada 29 April 2005 di Jakarta ini memiliki fungsi dan tugas yang diamanatkan dalam pasal 7 Undang-undang Praktik Kedokteran nomor 29 tahun 2004 (UUPK), yaitu melakukan registrasi dokter dan dokter gigi, mengesahkan standar pendidikan profesi dokter dan dokter gigi, dan melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan praktik kedokteran yang dilaksanakan bersama lembaga terkait dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan medis.

Sesuai yang tertulis dalam pasal 7 UUPK pun KKI memiliki wewenang untuk menyetujui dan menolak permohonan registrasi dokter dan dokter gigi, menerbitkan dan mencabut surat tanda registrasi, mengesahkan standar kompetensi, melakukan pengujian terhadap persyaratan registrasi dokter dan dokter gigi.

Selain itu, wewenang lainnya pun mengesahkan penerapan cabang ilmu kedokteran dan kedokteran gigi, melakukan pembinaan bersama terhadap dokter dan dokter gigi mengenai pelaksanaan etika profesi yang ditetapkan oleh organisasi profesi, dan melakukan pencatatan terhadap dokter dan dokter gigi yang dikenakan sanksi oleh organisasi profesi atau perangkatnya karena melanggar ketentuan etika profesi.

Sementara itu,

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) adalah satu-satunya organisasi profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia seperti yang termaktub dalam Undang-Undang Praktik Kedokteran No. 29 Tahun 2004.

Organisasi kedokteran awalnya bermula dari perhimpunan yang bernama Vereniging van indische Artsen tahun 1911, dengan tokohnya adalah dr. J.A.Kayadu yang menjabat sebagai ketua dari perkumpulan ini.

Selain itu, tercatat nama-nama tokoh seperti dr. Wahidin, dr, Soetomo dan dr Tjipto Mangunkusumo, yang bergerak dalam lapangan sosial dan politik.(sumber wikipedia)

Dari laman resmi Repository Ilmiah Indonesia pada 1948 lahir perkumpulan dokter Indonesia yang berfungsi sebagai organisasi perjuangan kemerdekaan.

Kemudian, IDI berdiri dengan tujuan untuk memadukan segenap potensi dokter dari seluruh Indonesia, menjaga dan meningkatkan harkat dan martabat, serta kehormatan profesi kedokteran, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, serta meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia untuk menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

  • Bagikan