VPS HOSTING
VPS HOSTING

3 Tempat Wisata Unik di Bali Selain Pantainya Yang Indah

  • Bagikan
bali 1 3 Tempat Wisata Unik di Bali Selain Pantainya Yang Indah

detaklifestyle, Wisata – Bali merupakan Kota primadona Pariwisata Indonesia yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Selain terkenal memiliki pantai indah, Bali juga terkenal dengan wisata seni dan budaya yang unik serta wisata alam yang sangat mengagumkan Salah salah satunya Geopark Gunung Batur yang terletak di Kabupaten Bangli, Pulau Bali.

1. Gunung Batur
gunung batur 3 Tempat Wisata Unik di Bali Selain Pantainya Yang Indah

Geopark Gunung Batur di Pulau Bali adalah keindahan alam lainnya yang dapat kamu kunjungi dan nikmati di Pulau Bali. Kawasan di Geopark Gunung Batur ini merupakan kaldera terbesar dan terindah di dunia karena di tempat ini terdapat sebuah danau berbentuk bulan sabit seluas 16.6 kilometer persegi dan merupakan danau kaldera terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

2. Danau Batur
danau batur 3 Tempat Wisata Unik di Bali Selain Pantainya Yang Indah

Di pinggiran Danau Batur terdapat sejumlah pura yang bisa dikunjungi sebagai desa wisata seperti Pura Ulun Danu Batur, Pura Pancering Jagat Trunyan dan Pura Bukit Mentik.

Kawasan Batur juga memiliki keanekaragaman hayati yang unik. Salah satunya adalah Anjing Kintamani yang memiliki bentuk kepala seperti Serigala dan badan mirip Anjing cau-cau dari Cina. Selain itu di Kintamani juga banyak tumbuh Bunga Edelweis Pohon Kasian Bukit, Jeruk Dan tanaman hortikultura khas pegunungan seperti kol, cabai dan tomat.

Geopark yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali ini memiliki bentang alam vulkanis yang mengagumkan yang terbentuk dari aktivitas Gunung Api Batur Purba sekitar 29.300 – 20.150 ribu tahun yang lalu.

Selain memiliki panorama alam yang sangat cantik nan indah, Di Geopark Gunung Batur kamu dapat menyatu dengan masyarakat sekitar yang erat kaitannya dengan budaya Hindu Bali asli yang pastinya akan membuat kamu berdecak kagum.

Geopark Gunung Batur berpusat di sekitar Kaldera Gunung Api Batur pada ketinggian 1.717 mdpl di timur laut Bali. Kawasannya meliputi area seluas 100 kilometer persegi yang terdiri dari Kaldera Gunung Batur dan Danau Batur. Danau ini merupakan sumber air untuk kepentingan irigasi pertanian dengan sistem tradisional khas Bali (Subak) yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

3. Desa Wisata Truyan
desa truyan 3 Tempat Wisata Unik di Bali Selain Pantainya Yang Indah

Selain dapat menikmati panorama alam yang sangat indah dan mempesona,  kamu juga dapat melihat keunikan budaya Bali lainnya yaitu Tradisi Bali Kuno atau Bali Aga yang masih tetap lestari di Terunyan yaitu sebuah pulau yang berada tepat ditengah-tengah Danau Batur Hindu Trunyan merupakan Hindu asli warisan Kerajaan Majapahit.

Masyarakat adat di wilayah ini tidak membakar orang yang sudah meninggal seperti di daerah Bali lainnya tetapi hanya di taruh di bawah pohon yang menebarkan wangi dan mampu meredam bau jenazah.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *