Job Freelance Kini Tak Bisa Lagi Dipandang Sebelah Mata

  • Bagikan
Freelance Job Freelance Kini Tak Bisa Lagi Dipandang Sebelah Mata

detaklifestyleFreelance biasa disebut Pekerjaan lepas kini tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Pasalnya Survei yang dilakukan oleh startup crowdsourching, PT Sribu Digital Kreatif atau situs Freelance ini menunjukkan banyak pekerja lepas yang menjadikan pekerjaannya saat ini sebagai mata pencaharian.

Menurut survei tersebut 95% responden pekerja lepas yang disurvei menyatakan akan mempertahankan status pekerjaan. Adapun 53% mengaku sudah menjadi freelancer lebih dari lima tahun. Mayoritas merupakan generasi milenial, 49% responden berusia 21 tahun hingga 30 tahun.

CEO Sribu Ryan Gondokusumo mengatakan, ada beberapa alasan pekerjaan lepas kini bukan lagi sebagai sambilan, mulai dari waktu dan lokasi bekerja yang lebih fleksibel, keterbatasan kualifikasi pendidikan, dan besarnya pendapatan yang dihasilkan. 

“Awalnya kami merasa mereka ingin dapat pekerjaan tambahan, ternyata tidak. Kalau seperti ini bisa jadi tumpuan ke depan, orang jadi content creator bukan jadi sambilan tapi full time,” ujar Ryan di Jakarta. 

Bekerja sebagai freelancer juga dipandang cukup menjanjikan secara penghasilan. Dari hasil survei, 20% responden mengaku dalam sebulan menghasilkan lebih dari Rp 3,5 juta. Sribu mencatat, ada tiga pekerjaan terbanyak yang dikerjakan freelancer saat ini. Sebanyak 62,7% responden bekerja di bidang desain, 27,2% bekerja di copywriting, dan 41,5% di pemasaran online. 

  • Bagikan