VPS HOSTING
VPS HOSTING

7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

  • Bagikan
manfaat kelapa 1 7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa merupakan minuman segar yang kaya akan mineral. Bahkan, air kelapa memiliki komposisi yang mirip cairan tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Sudah sejak lama air kelapa dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Dan kalau bicara tentang manfaat, bahkan tempurung kelapa juga bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi.

Secara umum, kita sudah pernah membahas mengenai manfaat air kelapa dalam dua artikel, yaitu dalam kandungan air kelapa dan manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas tentang 7 manfaat air kelapa untuk wanita dan ibu hamil.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Mengapa Ibu hamil perlu mengkonsumsi air kelapa? Dalam air kelapa terkandung elektrolit, klorida, kalsium, kalium, natrium, dan riboflavin, juga kaya vitamin C yang sangat diperlukan selama kehamilan. Air kelapa juga mengandung asam laurat serta sifat antibakteri dan antimikroba yang melindungi tubuh dari infeksi. Asam laurat adalah senyawa yang biasa ditemukan dalam Air susu Ibu (ASI).

Ibu hamil sering mengalami morning sickness yang cukup mengganggu. Nah, air kelapa dapat membantu meredakannya, mencegah mual dan muntah.

1. Bagus untuk Kulit

Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan halus? Rajinlah mengkonsumsi air kelapa. Selain membersihkan kulit, air kelapa juga menghidrasi kulit sehingga terhindar dari kulit kering dan rusak. Kulit halus merupakan dambaan bagi setiap wanita.

2. Bebas Lemak

Berbeda dengan daging buah kelapa yang mengandung lemak, air kelapa bebas lemak sehingga merupakan minuman yang menyehatkan. Minuman bebas lemak ini juga menurunkan tingkat kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan membakar timbunan lemak dalam tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Air kelapa dapat membantu tubuh dalam membersihkan pencernaan dari cacing dan sisa-sisa makanan sehingga proses metabolisme usus lebih lancar. Mengkonsumsi air kelapa selama kehamilan dapat membantu ibu hamil terhindar dari rasa mulas dan sembelit. Selain itu, minuman kesehatan ini juga membantu sekali dalam menurunkan berat badan.

4. Mengatasi Infeksi alat kelamin

Mayoritas perempuan pernah mengalami infeksi pada saluran kemih. Penyebabnya adalah bakteri yang membentuk ragi dan mengakibatkan infeksi. Air kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih tersebut. Jadi jika Anda mengalami infeksi vagina, konsumsi saja air kelapa.

5. Mengeluarkan Racun

Manfaat air kelapa yang satu ini bukan cuma untuk wanita tetapi juga bagi pria. Air kelapa yang rendah kalori dan juga mengenyangkan ini memiliki sifat detoksifikasi alias mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membersihkan sistem dan melewati oksigen dalam sel darah.

6. Menggantikan Cairan Tubuh

Karena kandungan elektrolitnya yang serupa dengan cairan tubuh, sudah sejak lama air kelapa digunakan untuk menggantikan cairan tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Bahkan dalam keadaan darurat air kelapa bisa digunakan untuk mengganti cairan infus.

Saat ini banyak sekali penjual es kelapa muda yang bisa kita temui. Namun alangkah lebih baik jika kita hanya mengkonsumsi air kelapa yang masih asli tidak dicampur dengan pemanis buatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *