VPS HOSTING
VPS HOSTING

Bunga Rosella Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

  • Bagikan
roseela 1 Bunga Rosella Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

detaklifestyle, Health – Manfaat bunga rosella sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Namun juga tidak sedikit yang belum pernah merasakan khasiatnya, hal itu dikarenakan di Indonesia belum terlalu banyak budidaya bunga rosella ini.

Berbeda memang kalau dibandingkan dengan teh hijau yang kini makin populer di Indonesia. Di negeri tetangga Malaysia, tanaman bunga Rosella ini sudah banyak yang memanfaatkan, mulai dari buah bunga rosella, daunnya, kelopak, serta bunganya sejak lebih dari 300 tahun yang lalu.

Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa ini memiliki banyak sekali manfaat, Mulai dari dibuat untuk makanan dan minuman seperti selai, teh, jeli, serta untuk campuran salad buah dan masih banyak yang lainnya.

Bunga rosella dulunya berasal dari benua Afrika, hidup dari benih dan memiliki pohon dengan tinggi berkisar 4 meter. Pohon rosella sendiri termasuk dalam tanaman perdu. Apabila anda ingin menanam bunga rosella ini, cukup dengan menanam benih bunga rosella yang sudah kering, karena bisa dibilang bahwa tanaman yang satu ini mudah untuk di budidaya.

Bunga rosella sendiri kini lebih dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Apa saja kah itu:

Berikut ini manfaat Bunga rosella bagi kesehatan:

1. Bunga rosella dapat menyembuhkan batuk serta membantu mengencerkan dahak, sehingga akan mudah untuk dikeluarkan.

2. Apabila anda menderita batu ginjal, konsumsi lah makanan atau minuman yang terbuat dari bunga rosella secara rutin setiap harinya.

3. Kandungan antioksidan-nya yang tinggi, bunga rosella mampu menyembuhkan penderita kanker secara bertahap.

4. Bunga rosella dapat mencegah terjadinya flu, sariawan dan menurunnya sistem kekebalan tubuh, serta dapat meredakan panas dalam. Hal ini dikarenakan di dalam bunga rosella terkandung vitamin C dengan kadar yang tinggi.

5. Bunga rosella dapat menambah vitalitas pada pria dan wanita dengan kandungan afrodisiak yang dimilikinya.

6. Kandungan diuretic, bunga rosella mampu membantu memperlancar buang air kecil.

7. Bunga rosella juga dapat digunakan sebagai obat penenang alami dengan kandungan sedatif-nya.

8. Menurut riset yang dilakukan oleh Chau-Jong Wang di Universitas Chung Shan Medical di Taiwan. Bagi anda penderita penyakit jantung, dengan mengkonsumsi bunga rosella secara rutin, maka akan memelihara kesehatan jantung anda, sehingga bisa dibilang penyakit jantung anda secara bertahap akan dapat teratasi.

9. Bunga rosella dapat digunakan untuk terapi tekanan darah tinggi. Dengan kandungan anthocyanin, konsumsi bunga rosella dalam bentuk teh yang diseduh selama kurang lebih satu bulan, dapat menurunkan tekanan darah hingga menunjukkan angka normal.

10. Bunga rosella dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala asam urat.

11. Bunga rosella dapat menyeimbangkan tingginya kadar gula yang ada di dalam darah, jadi dapat menghindarkan dari resiko penyakit diabetes.

12. Apabila anda atau anak anda mengalami demam, maka minumlah seduhan teh rosella atau olahan rosella lainnya.

13. Bunga rosella ampuh dalam menurunkan berat badan berlebih. Jadi, bagi anda yang mengalami obesitas, konsumsilah bunga rosella secara rutin.

Bunga Rosella kandungan terbaik bagi Kesehatan

Khasiat bunga rosella sebagai tanaman herbal yang baik untuk kesehatan, tak lepas dari kandungan senyawa kimia yang ada di dalamnya.

Beberapa vitamin, yakni vitamin A, B1, B2, D, dan vitamin C, Magnesium, Potasium, Lemak, Kalsium, Serat, Zat Besi, Vitamin, Omega-3, Niacin, Air, Asam Esensial, Air, dan masih banyak lagi terdapat dalam bunga rosella yang menjadikannya tanaman kaya khasiat.

Manfaat bunga rosella dapat diperoleh dengan pengolahan dalam bentuk teh, dengan cara bunga rosella yang sudah dipetik di jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 2-3 hari.

Setelah dijemur itu, bunga rosella kemudian dicuci hingga bersih. Setelah dicuci, remas-remas bunga rosella untuk mengurangi kadar air di dalamnya. Kemudian jemur kembali bunga rosella selama 4 hari apabila kondisi cuaca memungkinkan. Teh rosella pun siap untuk diseduh dengan air panas.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *