VPS HOSTING
VPS HOSTING

10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
avocado alpukat 10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

detaklifestyle, Health – Umumnya, kandungan utama buah alpukat adalah karbohidrat, tapi alpukat dipenuhi oleh lemak sehat. Keunikan ini menjadikan buah alpukat memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan dari buah alpukat bisa kita dapat secara penuh dari buah alpukat yang dimakan mentah (tanpa dimasak). Kandungan utama buah alpukat yaitu karbohidrat, tetapi alpukat dipenuhi oleh lemak sehat.

Berikut 10 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

1. Anti-kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karotenoid dan lemak monounsaturated dalam alpukat bisa mencegah kanker prostat, dan menurunkan efek samping kemoterapi dalam sebagian sel. Alpukat juga mengandung glutathione yang melindungi sel-sel dari kanker dan efek buruk radikal bebas.

2. Penyerap nutrisi

Beberapa jenis nutrient bersifat “fat soluble”, yang artinya nutrient tersebut harus dikombinasikan dengan lemak sehat agar bisa dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Dalam hal ini, alpukat yang mengandung banyak lemak sehat, bisa membantu tubuh menyerap 2 hingga 15 kali lipat nutrient dari buah dan sayuran, jika buah dan sayuran itu dikombinasikan dengan alpukat.

Karena itu, alpukat tidak hanya kaya nutrisi, tapi juga membantu tubuh menyerap nutrisi dari buah dan sayuran lain yang dimakan bersamaan.

3. Kesehatan mata

Selain meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, alpukat sendiri kaya akan antioksidan seperti Lutein dan Zeaxanthin. Antioksidan tersebut melindungi kesehatan mata, mengobati katarak, serta mengatasi penyakit mata yang berhubungan dengan pertambahan umur dan degenerasi makula.

4. Kesehatan tulang

Lutein dan zeaxanthin dari alpukat juga bisa mengurangi resiko kerusakan tulang rawan (salah satu gejala osteoartritis). Selain itu, alpukat juga mengandung banyak mineral penting lain termasuk zinc, fosfor, kalsium, dan selenium. Semua nutrisi tersebut berkaitan dengan pengurangan resiko osteoporosis, dan peningkatan kadar mineral dalam tulang.

5. Kesehatan ginjal

Alpukat mengandung banyak potasium yang bermanfaat untuk tubuh. Potasium adalah aspek kunci dalam menjaga keseimbangan cairan melalui saluran kimia untuk sel dan organ. Keseimbangan cairan ini sangat penting untuk menjaga fungsi ginjal, karena ginjal menangani pergerakan cairan dan racun dalam tubuh.

6. Kesehatan jantung

Beta-sitosterol, yang ditemukan dalam alpukat membantu menjaga kadar kolesterol sehat. Penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat bisa meningkatkan kandungan antiatherogenic dalam HDL kolesterol, yang membantu menjaga jantung dari atherosclerosis (penyakit arteriosclerotic vascular).

Kadar potasium tinggi dari alpukat juga bisa membantu mengatasi hipertensi. Potasium adalah vasodilator yang bisa membuat pembuluh darah dan arteri relaks, sehingga bisa mengurangi resiko penggumpalan darah, serangan jantung, dan stroke.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *