Kenali 10 Manfaat Sehat Buah Apel untuk Tubuh

  • Bagikan
buah apel 1 Kenali 10 Manfaat Sehat Buah Apel untuk Tubuh

detaklifestyle, Health – Manfaat kesehatan dari buah apel termasuk mengatasi anemia, memberi vitalitas, mengatasi masalah pencernaan, perawatan gigi, baik untuk penderita diabetes, mengatasi gangguan penglihatan, mengatasi penyakit jantung, mengatasi masalah pernafasan, membantu mengobati penyakit Alzheimer’s dan penyakit Parkinson, mencegah berbagai jenis penyakit kanker.

Inilah 10 Khasiat dan Manfaat Apel bagi Kesehatan Tubuh:

1. Apel mengatasi anemia

Apel bermanfaat untuk mengatasi anemia karena apel mengandung banyak zat besi. Anemia adalah kondisi di mana darah kekurangan hemoglobin (sel darah merah). Anemia bisa diatasi dengan menambah asupan zat besi. Kadar sel darah merah yang normal penting agar sistem organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

2. Apel memberi energi dan vitalitas

Kombinasi dari antioksidan dan protein dalam apel menghasilkan energi untuk tubuh, mengatasi kelelahan dan tubuh lemah, serta membantu pembentukan otot tubuh.

Menambah apel dalam menu makan sehari-hari juga bisa menambah berat badan untuk mereka yang terlalu kurus. Karena manfaat apel ini, apel sering dijadikan buah tangan untuk mereka yang sedang sakit atau yang sedang dalam masa penyembuhan.

3. Apel mengatasi masalah pencernaan

Apel kaya akan serat yang penting untuk proses pencernaan. Makan apel secara rutin bisa memperlancar gerakan usus, mengatasi konstipasi, dan mengatasi gangguan perut. Serat dalam apel bisa menstimulasi gerakan peristaltik agar otot berkontraksi dengan baik sehingga makanan bisa dicerna dengan baik. Apel juga bagus untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan, mengeluarkan bakteri buruk dan racun dari tubuh.

4. Apel merawat gigi

Mengunyah apel bisa membersihkan gigi dan gusi, mengurangi masalah gigi berlubang. Saat mulut mengunyah apel, serat apel membersihkan gigi dan zat antibakteri dari apel mencegah bakteri menginfeksi tubuh. Mengunyah apel juga mendorong sekresi ludah yang merupakan senyawa alkalinik, yang bisa mencegah bakteri berkembang dalam mulut.

5. Apel baik untuk penderita diabetes

Polyphenol dalam buah apel mampu mengurangi penyerapan karbohidrat oleh tubuh, sehingga gula darah tetap stabil. Polyphenol juga mengurangi penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan, dan mendorong pelepasan insulin dari pankreas. Pelepasan insulin dari pankreas dibutuhkan untuk mengeluarkan gula dari aliran darah agar metabolisme dan organ tubuh bekerja dengan baik.

Dengan kata lain, apel adalah buah penting untuk penderita diabetes.

Baca juga:  Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Herbal dan Kesehatan
  • Bagikan