Jamu Beras Kencur: Manfaat dan Cara Membuatnya

  • Bagikan
beras kencur 1 Jamu Beras Kencur: Manfaat dan Cara Membuatnya

detaklifestyle, Health – Beras kencur adalah minuman herbal yang berasal dari Indonesia (Jawa). Penduduk pedesaan sangat menggemari minuman ini, bisa dikatakan setiap minggunya tidak pernah kelewatan dengan minum jamu beras kencur. Ini dikarenakan jamu beras kencur banyak menyumbangkan khasiat untuk kesehatan.

Beras kencur atau jamu beras kencur terbuat dari bahan beras yang sudah dibersihkan dan dihaluskan, kemudian ditambahkan dengan kencur. Perpaduan antara beras dan kencur yang disatukan dalam bentuk minuman yang disebut sebagai jamu ini banyak mengandung vitamin B. Kemudian agar tercipta rasa manis ditambahkan lah gula jawa atau gula merah.

Jamu tradisional ini merupakan jamu yang sudah turun temurun yang sudah terbukti khasiatnya untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh,

Berikut ini manfaat beras kencur yang patut untuk diketahui:

1. Maag merupakan penyakit yang datangnya karena penderita tidak mengatur pola makan dengan baik, biasanya penderita maag dari kalangan pekerja yang diperuntukkan mendesain gambar dan merancang program atau aplikasi untuk sebuah perusahaan.

Salah satu manfaat beras kencur yang merupakan faktor yang menjadikan jamu ini tidak pernah kehabisan peminat adalah khasiatnya untuk menyembuhkan sakit maag. Ini karena terdapatnya kandungan vitamin B dalam secangkir jamu beras kencur yang mampu menebalkan dinding lambung dan mengatasi penggerusan lambung yang disebabkan oleh asam.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Baca juga:  Obati Sakit Maag Dengan Kunyit, Berikut Resepnya:

Dari kandungan vitamin B itulah tercipta kehebatan dari jamu beras kencur untuk merangsang lambung memberikan rasa lapar, sehingga yang demikian itu merupakan jalan termudah untuk meningkatkan nafsu makan, khususnya pada anak.

Rasa manis, pedas bercampur kesegaran dari jamu ini sepertinya akan mendapat respon positif bila diberikan oleh sang buah hati tercinta. Demi kesehatannya apapun harus Anda berikan (sebagai orangtua).

3. Menghilangkan Pegal dan Meningkatkan Stamina

Setiap hari tubuh harus bergerak untuk menyelesaikan pekerjaan proyek yang menumpuk, itu dapat memicu terjadinya kram, lelah, lesu, lemah hingga badan pegal-pegal. Ditambah lagi dengan berkurangnya energi atau stamina yang telah terkuras satu hari penuh.

Untuk mengembalikan stamina dan mengatasi capek pegal pada badan. Jauh lebih aman apabila Anda memilih jamu beras kencur daripada suplemen yang sekarang ini justru banyak berdampak negatif bagi kesehatan. Cukup dengan minum jamu beras kencur sehabis ngantor dan panggil tukang urut untuk memijat seluruh badan Anda yang pegal, sehingga tidur malam jadi nyenyak tanpa rasa sakit.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Sekarang ini, jamu beras kencur sudah banyak tersedia dalam kemasan. Namun, tentu saja rasa dan kesegarannya berbeda dengan kita membuatnya sendiri dan meminumnya secara langsung tanpa diawetkan. Nah, kali ini saya akan mengajak Anda untuk membuat jamu beras kencur sendiri.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram beras.
  • 500 gram rimpang kencur.
  • 200 gram gula pasir.
  • 100 gram gula jawa atau gula merah atau gula aren.
  • 1 buah jeruk nipis.
  • 1/2 sdt garam.
  • Cengkeh dan kayu manis secukupnya.
  • 1,5 liter air.

Pengolahan bahan menjadi jamu:

  1. Beras direndam sekitar 4 jam, setelah itu tiriskan airnya.
  2. Kupas dan cuci rimpang kencur dengan air hangat.
  3. Tumbuk beras yang telah direndam bersama kencur, cengkeh dan kayu manis. Jika ingin cepat, gunakan blender. Kemudian saring.
  4. Rebus air bersama gula pasir dan gula merah.
  5. Tambahkan bahan yang tadi telah dihaluskan dan juga garam.
  6. Aduk dalam panci yang direbus selama 20 menit lebih.
  7. Jika sudah, matikan api kemudian angkat dan saring ke dalam gelas.
  8. Tambahkan perasan air jeruk nipis, banyaknya sesuai selera.
  9. Minum jamu beras kencur hangat yang sudah jadi saat pagi hari.

Itulah manfaat beras kencur dan cara membuat jamu beras kencur. Perlu Anda ketahui apabila anda terkena batuk, bisa juga disembuhkan dengan jamu beras kencur ini. (wikipedia)

  • Bagikan