VPS HOSTING
VPS HOSTING

Mengapa Malam Nisfu Syaban Sangat Istimewa? Ini Jawabannya

  • Bagikan
Nisfu syaban 1 Mengapa Malam Nisfu Syaban Sangat Istimewa? Ini Jawabannya

detaklifestyle, – Nisfu Sya’ban Merupakan peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam. Hari ini juga dikenal sebagai Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisfe min Sha’ban di dunia Arab, dan sebagai Shab-e-barat di Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Iran dan India.

Umat islam di Indonesia berbondong-bondong untuk segera melakukan beberapa amalan utama di malam Nisfu Syaban. Umat islam memenuhi masjid untuk melakukan shalat berjemaah memohon ampun kepada Allah SWT, setelah itu membaca surat Yasin dan melakukan amalan lainnya.

Seperti diketahui, Sya’ban sendiri merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan juga kebaikan. Di bulan inilah Allah SWT akan membuka pintu rahmat dan juga pintu ampun seluas-luasnya untuk umat di seluruh dunia. Karena itulah, di bulan Sya’ban ini sangat di anjurkan untuk melakukan banyak ibadah sunnah. Khususnya di saat Malam Nisfu Syaban.

Melihat dari keistimewaan di bulan Sya’ban ini. Maka, tidak sedikit umat islam yang ada di Indonesia memanfaatkan malam Nisfu Syaban yang jatuh pada 8-9 April 2020 ini dengan melakukan amalan yang diutamakan di malam Nisfu Syaban.

Ada tiga amalan utama yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syaban:

1. Amalan yang pertama yakni memperbanyak doa. Karna Allah SWT akan mengabulkan doa setiap muslim, kecuali orang-orang yang di dalam hatinya masih terdapat kemunafikan seperti yang tercatat dalam HR Al-Baihaqi.

2. Selanjutnya yang kedua membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Dua kalimat mulia ini dapat di baca kapan pun di manapun, akan lebih baik lagi jika di baca pada Malam Nisfu Syaban. Dan yang ketiga adalah memperbanyak istighfar.

3. Ketiga amalan yang bisa dilakukan oleh seluruh umat Islam di malam Nisfu Syaban ini tentunya akan membuat orang-orang bersih tanpa dosa dalam menghadapi bulan suci Ramadhan yang sudah didepan mata.

Banyak kelebihan malam nisfu syaban, antaranya malam ini adalah terbukanya pintu langit dan malam dimakbulkan doa.

Berikut ini merupakan kelebihan malam Nisfu Syaban seperti dikutip dari laman akuislam.com

1. Dari sayyidina Ali: Baginda Rasulullah SAW maksudnya:

Apabila datang malam nisfu sya’ban maka beribadah lah di malamnya dan puasalah di siang harinya sesungguhnya Allah menurunkan rahmat Nya dan para Malaikatnya pada malam itu dan berkata siapa yang minta rezeki ku beri, siapa meminta keselamatan aku pelihara, siapa yang hendak sesuatu maka akan ku kabulkan sampai terbit fajar.

2. Dari Muaz bin jabal, Bersabda baginda Rasulullahu SAW maksudnya:

Pada malam nisfu sya’ban menurunkan Allah akan rahmatNyA dan para malaikatNya maka mengampuni Allah akan dosa-dosa hambanya.

Di riwayatkan bahawa pemindahan semua perkara dari lauhil mahfuz pada malam nisfu sya’ban dan selesai pada malam lailatul Qadar diserahkan urusan rezeki pada Malaikat Mikail urusan perang/gempa/bencana pada Malaikat Jibril, urusan amal pada Malaikat penghulu langit dunia dan urusan Musibah pada Malaikat maut.

3. Daripada sayyidah Aisyah berkata:

Malam nisfu sya’ban aku terbangun dan Rasulullah tidak ada di sampingku maka aku cari dan ternyata baginda ada di perkuburan sambil memandang ke langit kemudian berkata sungguh Allah menurunkan rahmat Nya dan Malaikat Nya ke langit dunia pada malam nisfu sya’ban dan mengampuni dosa hambanya

4. Daripada Sayidah Aisyah berkata:

Rasulullah berdiri sembahyang dan kemudian sujud sangat lama sehingga aku menyangka baginda telah wafat.

Was-was aku melihat sedemikian maka aku gerak-gerakan hujung kaki beliau maka bergerak lah.

Kemudian aku kembali ke rumah dan ketika baginda selesai dari sembahyang, Baginda datang dan berkata: ”tahukah kamu malam apakah ini?”

Berkata Aisyah: Allah dan Rasulnya yang lebih tahu

Berkata Baginda : Malam ini adalah malam Nisfu sya’ban sesungguhnya Allah Memandang dan mengampuni Hamba-hambanya pada malam ini.

5. Dari Naufal al bakali bahwasanya:

Sayidina Ali keluar rumah pada malam nisfu sya’ban dan memandang kelangit sambil berkata keluar pada malam nisfu sya’ban nabiullah Daud alaihissalam dan memandang ke langit dan berkata Ya Allah sesungguhnya malam ini adalah malam mustajab do’a tidak berdoa seseorang melainkan engkau kabulkan.

6. Diriwayatkan dari Ka’ab al ahbar berkata:

Sesungguhnya Allah Mengutus malaikat Jibril pada malam nisfu sya’ban ke syurga dan memerintah kan di hiaskan syurga.

Allah melepaskan dari api neraka pada malam ini hambanya sebanyak bilangan bintang di langit, sebilangan hari dan malam di dunia, sebilangan daun-daun pepohonan, seberat gunung-gunung dan sebilangan pasir-pasir.

7. Pada malam Nisfu Sya’ban Allah menambahkan air Zam Zam.

Faedah amalan pada Nisfu Sya’ban

Disunahkan menghidupkan dan menghidupkan malam Nisfu sya’ban dengan beribadah seperti sembahyang sunat tasbih, Baca Alquran, Berzikir, Selawat, dan Berdoa dengan niat:

  • Panjang umur sehat wal’afiat dalam taat dan ibadah kepada Allah.
  • Selamat daripada musibah, bala, penyakit, wabak penyakit.
  • Minta rezeki yang halal dan kaya hati dari sekalian makhluk dan mati dalam keadaan khusnul khotimah baik kesudahan.
  • Dan sekurang-kurangnya pada malam Nisfu Sya’ban beribadah dengan mengerjakan Solat Isyak berjemaah dan Solat Subuh berjemaah.

sumber: wikipedia,mediajabar,akuislam.com

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *