VPS HOSTING
VPS HOSTING

Berikut: 7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

  • Bagikan
menu buka puasa 1 Berikut: 7 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

detaklifestyle, Health Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci yang sangat ditunggu- tunggu yaitu Bulan Ramadhan, Pada bulan ini setiap muslim wajib melaksanakan ibadah Puasa karena merupakan Rukun Islam yang Ke- 3, Ibadah puasa jadi momen yang pas untuk membersihkan diri dari seluruh dosa yang sempat kita perbuat, baik kepada Allah SWT ataupun kepada sesama makhluk- Nya.

Terkadang seseorang enggan berpuasa karena alasan yang tidak kuat. Ya itu memanglah tujuan puasa dimana kita wajib menahan nafsu dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Maka dari itu banyak orang yang nekat mengendap- endap untuk makan maupun minum.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Oleh karenanya supaya Kamu semakin termotivasi dalam melaksanakan ibadah puasa, Kamu wajib ketahui jika sesungguhnya berpuasa juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan.

Berikut ini 7 manfaat berpuasa bagi kesehatan:

1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Penyakit jantung ataupun stroke merupakan ancaman yang cukup serius bagi manusia. Terlebih lagi buat warga Indonesia yang dicap oleh banyak negara sebagai negeri yang dipenuhi dengan jumlah perokok aktif. Maka dari itu, puasa merupakan masa- masa yang pas untuk melindungi kesehatan jantung dari timbunan nikotin. Puasa akan membuat tubuh memperbanyak penciptaan HDL serta meminimalisir LDL( kolesterol jahat) yang beresiko untuk kesehatan jantung bila jumlahnya berlebih.

2. Hati Tenang dan Tentram

Salah satu perintah terberat ketika berpuasa merupakan menahan emosi. Ini jadi suatu keharusan, oleh karenanya berpuasa secara psikologis membuat hati jadi lebih tenang dan tentram. Sedangkan dari segi kedokteran puasa akan menurunkan kandungan adrenalin pada tubuh. Respon positif untuk kesehatan misal nya mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung, serta otak.

3. Kondisi Hormon Intim Meningkat

Suatu studi meyakinkan terdapatnya integrasi antara hormon testosteron( kejantanan), perangsang kantung( FSH), serta lemotin( LH) yang mana tiap hormon tersebut mempengaruhi terhadap performa intim.

Ketika berpuasa, ketiga hormon tersebut akan menyusut semenjak beberapa hari pembukaan puasa. Namun, setelah beberapa hari siklus berpuasa dilaksanakan, ketiga hormon tersebut justru akan bertambah pesat sehingga gairah intim juga lumayan tidak terkontrol.

4. Menurunkan Berat Badan

Rupanya aktivitas puasa juga berguna buat menurunkan berat tubuh seorang yang mengidap obesitas. Dengan berpuasa, sistem pencernaan dalam tubuh, paling utama usus akan bersih dari sisa- sisa makanan. Dengan begini, dampak penumpukan lemak juga akan menurun bersamaan keadaan usus terus menjadi bersih.

5. Sistem Imun Bertambah

Sepatutnya, puasa membuat tubuh jadi lemas serta gampang terkena penyakit. Tetapi sudah terungkap berita bahwasanya puasa malah membuat tubuh seorang akan lebih kebal terhadap penyakit disebabkan terbentuknya kenaikan kandungan Limfosit sampai angka 10 kali lipat dalam tubuh. Jadi mulai saat ini jangan Kamu mengira jika puasa akan membuat tubuh mudah sakit.

6. Tingkatkan Kinerja Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh dengan peran sebagai penyaring zat kimia dari makanan ataupun minuman yang bisa mengganggu organ tubuh lain.

Dengan berpuasa ginjal akan terus menjadi antusias dalam bekerja, mengapa? Karena dikala menjalani puasa kandungan osmosis kemih terletak di kisaran 1000 hingga 12. 000 ml/ kilogram air. Serta salah satunya jalur yang dapat ditempuh yakni mengurangi asupan mineral yaitu saat berpuasa.

7. Menghindari Diabetes

Penyakit akibat berlebihnya nutrisi yang menyokong kesehatan tubuh seperti diabetes, hiperkolesterolemia, serta kegemukan akan terjauhi kala berpuasa. Karena, berpuasa akan memforsir tubuh mengendalikan kandungan gula serta lemak yang masuk ke dalam badan, dampak positifnya ya itu tadi, tubuh akan lebih kebal terhadap penyakit akibat kelebihan nutrisi.

Puasa sangat banyak manfaatnya, baik buat kesehatan tubuh secara jasmani maupun rohani. Maka dari itu jangan lewati peluang emas ini untuk memperbaiki diri Kamu.

sumber: alodokter,manfaatsehat

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *