Cara dan Resep Membuat Kolak Pisang untuk Buka Puasa

  • Bagikan
kolak pisang 1 Cara dan Resep Membuat Kolak Pisang untuk Buka Puasa

detaklifestyle, Kuliner – Kolak pisang merupakan makanan yang banyak digemari karena rasanya yang unik, manis dan lezat saat disantap. Terlebih saat bulan Ramadan tiba, banyak orang yang ingin membuat kolak pisang. Kolak pisang sangat tepat jika dijadikan menu pembuka ketika berbuka puasa. Rasanya yang manis yang dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Buah pisang yang terdapat di dalam kolak merupakan buah yang memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga banyak orang yang membudidayakannya. Buah ini banyak dibudidayakan, bahkan di pedesaan, pohon pisang juga banyak ditemui di sekitar rumah. Cara membudidayakannya juga tidak terlalu sulit, pisang tergolong tanaman yang mudah ditanam dan bisa tumbuh di daerah manapun.

Untuk yang tidak memiliki tanaman pisang, Anda juga tidak usah kebingungan karena buah ini mudah didapat dengan membeli di toko buah maupun di pasar dengan harga yang tidak terlalu mahal. Selain buahnya ternyata Daun pisang juga biasa dimanfaatkan sebagai pembukus makanan. Buah pisang merupakan suku dari suku Musaceae dan buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun seperti jari, dan disebut sisir.

Kandungan yang ada dalam buah pisang

1. Kalori

Pisang mengandung kalori yang baik sehingga pantas untuk dijadikan camilan. Dengan mengkonsumsi pisang, Anda tidak perlu khawatir lagi menjadi gemuk. Pisang tidak akan mengganggu pola diet Anda, jadi bisa dijadikan makanan camilan untuk pelaku diet. Satu buah pisang ukuran sedang diketahui hanya mengandung sekitar 110 kalori.

2. Karbohidrat

Karbohidrat yang terdapat dalam buah pisang bisa dijadikan sebagai sumber energi. Mengkonsumsi 1 buah pisang setelah sarapan dapat memberikan anda energi yang sempurna untuk memulai hari. Pisang juga baik dikonsumsi setelah olahraga karena akan dengan cepat mengembalikan energi yang telah dipakai selama olahraga.

3. Serat

Berdasarkan data nutrisi buah pisang, 1 buah pisang ukuran sedang diketahui mengandung sekitar 3 gr serat. Serat dalam buah pisang dapat membuat kenyang lebih lama dan baik untuk melancarkan pencernaan.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung di dalam buah Pisang. Ok sekarang mari kita lanjut ke cara dan resep membuat kolak pisang itu sendiri.

Resep kolak pisang

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 kilogram pisang matang (dapat menggunakan pisang tanduk, pisang kepok, pisang raja atau pisang yang lain)
  • Gula pasir sebanyak 1 ons
  • Gula merah sebanyak 1 ons
  • 1 ons kolang-kaling yang telah dibersihkan dan dibelah dua
  • 2 lembar daun pandan yang telah dicuci bersih
  • Santan 65 ml (dapat menggunakan santan instan atau santan yang dibuat sendiri)
  • 3 gelas air putih atau setara 370 ml untuk kuahnya

Cara membuat kolak pisang paling enak

  1. Pisang dipotong-potong berbentuk miring atau sesuai selera Anda
  2. Rebus gula merah hingga mencair dan saring agar ampasnya hilang
  3. Rebus saringan gula merah bersama dengan gula pasir/gula putih, aduk-aduk hingga tercampur.
  4. Masukkan air kedalam wadah, kemudian pisangnya dan mulai merebusnya
  5. Setelah warnanya berubah, masukkan santan, kolang-kaling, dan pandan dan aduk hingga merata
  6. Masak kolak pisang hingga matang
  7. Kolak pisang siap untuk disajikan

Mudah-mudahan resep kolak pisang di atas bermanfaat bagi Anda. Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai selera agar rasa kolak pisang yang Anda buat sesuai keinginan Anda.

  • Bagikan