VPS HOSTING
VPS HOSTING

Makanan Yang Harus di Hindari Saat Berpuasa

  • Bagikan
makanan yang harus di hindari 1 Makanan Yang Harus di Hindari Saat Berpuasa

detaklifestyle, Health – Puasa Ramadan merupakan puasa yang di laksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari dalam puasa .Menurut ajaran Islam dalam puasa di bulan Ramadan dapat kita menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini.

Namun harus dengan kekuatan iman dan mengharap kan pahala dari ridha Allah SWT. Puasa pada bulan Ramadan merupakan pelaksanaan dari rukun Islam yang keempat dalam ajaran Islam. Menurut ajaran Islam puasa pada bulan Ramadan merupakan puasa yang wajib dilaksanakan selama 1 bulan penuh rahmat.

Sehingga jika dengan sengaja tidak melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadan maka seseorang tersebut akan berdosa sesuai dengan Firman Allah dalam Qur’an Surah Al-Baqarah:183 dan 184 yang berbunyi

” Yaa ayyuhal ladzina ammanu kutiba ‘alaikummussyiamu kamma kutiba ‘allaladzhiina min qoblikum la’alakum tattaquun”

yang artinya Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa atas kamu sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu sebagai orang yang bertaqwa.

Saat berpuasa, sistem imun justru menjadi lebih kuat karena semua sistem tubuh akan beristirahat dalam hal mencerna dan mengolah makanan. Tetapi walau bagaimanapun Anda harus menjaga kesehatan tubuh karena pada saat berpuasa juga tubuh rentan terhadap penyakit apabila Anda melakukan kesalahan fatal seperti makan dalam porsi besar ketika berbuka puasa.

Makanan Yang Harus di hindari Saat Berpuasa

Berpuasa mau tidak mau memaksa Anda untuk selektif dalam memilih makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Sebab ada beberapa jenis makanan yang cukup berbahaya jika dikonsumsi selama bulan puasa. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini makanan yang harus dihindari saat berpuasa.

1. Junk Food

Saat berpuasa usahakan agar Anda tidak mengkonsumsi makanan cepat saji berlebih karena makanan berjenis ini akan menjadi bumerang bagi Anda apabila sering dikonsumsi ketika berbuka puasa maupun sahur.

Makanan cepat saji memang seharusnya tidak sering-sering untuk dikonsumsi, sebab makanan jenis ini biasa dimasak dengan cara digoreng. Dengan menggoreng sudah pasti akan tertimbun lemak pada makanan tersebut yang mana jika berlebihan dalam hal mengkonsumsi akan mengakibatkan kegemukan.

Oleh karena itu ganti ke makanan lainnya seperti buah-buahan maupun sayur-sayuran segar. Anda bisa berbuka dengan buah apel, peer, jeruk, anggur dan jenis buah-buahan lain yang mengandung mineral banyak. Tujuannya adalah mengisi ulang cairan tubuh yang telah hilang karena berpuasa.

2. Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti misalnya kopi dan teh dapat membuat tubuh cepat dehidrasi. Untuk mengatasinya sudah pasti Anda harus mengganti jenis minuman ke yang lebih sehat seperti jus buah, sop buah, dan air kelapa.

3. Makanan Asin

Apabila Anda sahur dengan telur kocok maupun dadar, jangan terlalu banyak menambahkan garam, karena bisa membuat Anda cepat haus. Makanan yang banyak bercampur dengan rempah-rempah juga akan berakibat sama.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengganti makanan-makanan yang banyak mengandung garam dengan yang lebih original. Tapi apabila Anda merasa kurang puas ketika sahur karena makanan yang dikonsumsi tidak terasa asinnya saya tidak memaksa Anda untuk menghilangkan garam dalam bumbu masakan untuk santapan sahur Anda.

5. Banyak Mengandung Gula

Makanan yang banyak mengandung gula berlebih juga patut untuk dihindari karena lebih sulit untuk dicerna. Jika Anda ingin sahur dengan yang manis-manis, cobalah madu hutan asli atau buah-buahan segar yang manis.

6. Terlalu Banyak Karbohidrat

Apabila Anda ingin makan nasi lebih baik sesuaikan dengan lauk pauk yang banyak mengandung protein seperti kacang-kacangan, ikan, daging, atau telur.

Atau anda bisa memilih nasi dari beras merah, karena kandungan serat lebih tinggi dan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

7. Coklat

Cemilan lezat ini memang sering kali disebut mengurangi emosi. Memang benar karena di dalam coklat terdapat zat hormon endorfin yang membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan merasa tenang pada situasi yang cukup memberatkan hati.

Tetapi sayangnya makanan ini justru harus dihindari selama bulan puasa karena coklat menyimpan serat yang sulit untuk dicerna dan membuat perut terasa kembung.

8. Keju

Makanan olahan dari susu ini menjadi taburan favorit untuk roti ketika sarapan. Tetapi karena berpuasa, jangan Anda kira roti tawar dengan taburan keju yang banyak sehat untuk dikonsumsi ketika sahur. Kenapa? Sebab keju juga sama dengan coklat yang mengandung serat yang cukup sulit untuk melewati pencernaan Anda.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat berpuasa, semoga bermanfaat sehingga dapat menjaga kualitas puasa dan kesehatan tubuh.

sumber: wikipedia, manfaatsehat

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *