Ingin Tinggi, Berikut 4 Cara Meningkatkan Hormon Pertumbuhan “Growth Hormone”

  • Bagikan
hormon pertumbuhan growth hormone 1 Ingin Tinggi, Berikut 4 Cara Meningkatkan Hormon Pertumbuhan “Growth Hormone”

detaklifestyle, Health – Sesuai namanya, fungsi hormon pertumbuhan (growth hormone) adalah hormon yang berperan dalam mengendalikan pertumbuhan tulang, otot dan organ serta mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tubuh.Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) suatu hormon / asam amino yang terdiri dari 191 asam amino yang diproduksi dalam tubuh dan dikeluarkan dari lobus anterior kelenjar hipofisis. hormon ini sangat penting selama periode masa pertumbuhan.

Hormon pertumbuhan dihasilkan secara alami oleh kelenjar pituitari atau hipofisis di otak. Hormon ini lebih banyak diproduksi pada malam hari dibandingkan siang hari.

Kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh manusia mencapai puncaknya saat manusia berada di usia kanak-kanak hingga masa pubertas. Setelah melewati masa pubertas, kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh menurun.

Kadar hormon pertumbuhan bisa dijaga tetap optimal melalui dua cara, yaitu:

  1. menyuntikkan steroid ke dalam tubuh,
  2. cara alami dengan menjalani gaya hidup sehat.

Tentu saja, cara alami adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. Hal ini karena cara alami tidak menimbulkan efek samping, dan memiliki manfaat lain untuk jangka panjang.

Cara alami dan terbaik untuk meningkatkan hormon pertumbuhan (growth hormone) dalam tubuh adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Seperti apa pola hidup yang sehat itu? Pola gaya hidup sehat yang harus dijalani untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan.

Berikut ini 4 cara Meningkatkan Hormon Pertumbuhan “Growth Hormone” secara alami:

1. Olahraga

Olahraga merupakan langkah awal terbaik dalam pertumbuhan, karena bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. Tapi ingat, jangan berlebihan saat melakukan olahraga serta tidak memaksa tubuh berolahraga berat karena akan berakibat sebaliknya.

Dapatkan kekuatan dan stamina secara bertahap: mulai dari jalan kaki santai, lalu lari dan angkat beban fitness (gym).

Olahraga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan adalah angkat beban (gym). Tapi dalam olahraga angkat beban ini sebaiknya dilakukan dengan bantuan instruktur. Karena instruktur biasanya lebih tahu berat beban yang sebaiknya kita angkat, lalu akan bertahap menyarankan kita untuk meningkatkan berat jika kita memang telah dianggap mampu mengangkat beban lebih berat.

2. Bebas dari stress

Stress atau tekanan berat dalam pikiran bisa menurunkan kadar hormon pertumbuhan.Stress berpengaruh pada semua sistem dalam tubuh. Stress parah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pikiran dan tubuh, seperti: sakit kepala, insomnia, kelelahan, dan masalah pencernaan.

Stress juga bisa menurunkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh jadi mudah terkena demam, flu, dan batuk. Dalam jangka panjang, stress bisa meningkatkan tekanan darah tinggi, beresiko terkena gangguan jantung, dan resiko stroke.

Mengatasi stress dengan cara yang baik merupakan langkah baik untuk memperoleh gaya hidup sehat dan untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan (growth hormone).

2. Jalani diet sehat

Tubuh butuh cukup kalori untuk bisa berjalan dengan baik. Karbohidrat merupakan sumber kalori terbaik, tapi tidak berarti kita bebas memakan semua jenis karbohidrat. Pilihlah jenis karbohidrat alami dan hindari makan karbohidrat yang telah diproses seperti roti putih, dan sereal dari tepung terigu.

Semakin alami karbohidrat yang dimakan semakin baik. Contoh karbohidrat alami yang bisa jadi pilihan adalah:

Nasi yang baik dipilih adalah nasi merah dan nasi hitam. Sementara untuk roti, pilihlah jenis roti gandum.

Jumlah asupan karbohidrat juga harus dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran dan buah segar. Karena tubuh kita juga butuh vitamin, mineral, dan serat untuk berfungsi dengan baik.

Menjalani diet sehat juga berarti cukup minum Air putih. Asupan air minum yang cukup setiap hari perlu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas dan juga penting untuk proses pencernaan didalam tubuh. menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board adalah 2,7 liter per hari bagi wanita. Sementara itu, pria membutuhkan 3,7 liter air putih per hari.

Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi, karena dehidrasi akan mengganggu proses pelepasan hormon pertumbuhan dalam tubuh.

4. Tidur lebih awal

Tidur adalah keadaan istirahat alami dalam artian kesempatan tubuh untuk beristirahat. Penelitian menunjukkan bahwa tidur juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Manfaat lain dari tidur awal adalah bisa bangun lebih awal juga.

Tidur awal dan tidur dalam durasi yang cukup bisa membuat jam biologis tubuh berjalan mulus. Karena itu, tubuh akan secara alami bangun lebih awal, tanpa harus dibangunkan oleh orang lain atau oleh jam alarm.

Ok! Jadi Itulah 4 cara meningkatkan hormon pertumbuhan (growth hormone) secara alami, Jalani empat cara tersebut semuanya secara rutin setiap hari untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh. Cara alami tersebut tidak akan berhasil jika hanya menjalankan sebagian dan meninggalkan sebagian yang lain.

sumber: alodokter, kompas, wikipedia

Baca juga:  Berikut Manfaat Kuning Telur Bagi Kesehatan
  • Bagikan