VPS HOSTING
VPS HOSTING

Lakukan 6 Cara Ini untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

  • Bagikan
metabolisme 1 Lakukan 6 Cara Ini untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

detaklifestyle, Health – Metabolisme adalah proses pengolahan zat gizi makanan yang telah diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi. Energi yang terbentuk selanjutnya digunakan untuk menunjang segala fungsi tubuh, dari bernapas, berpikir, bertumbuh, hingga setiap pergerakan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Proses ini terdiri dari serangkaian reaksi kimia yang terjadi pada sel-sel tubuh. Setiap reaksi kimia bekerja sesuai dengan fungsi tubuh lainnya. Jalannya metabolisme bisa jadi lebih cepat juga bisa jadi lebih lambat. Seseorang dengan metabolisme cepat bisa membakar kalori lebih banyak setiap harinya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan metabolisme adalah: ukuran tubuh (berat dan tinggi badan), orang dengan otot lebih banyak biasa memiliki metabolisme lebih cepat, umur, gender, kebiasaan makan, hormon, kondisi kesehatan, dan aktivitas fisik sehari-hari juga mempengaruhi kecepatan metabolisme.

Lalu bagaimana kalau anda ingin mempercepat metabolisme tubuh anda supaya bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh lebih cepat? Ada caranya, mudah dan tidak rumit.

Lakukan 6 Cara Ini untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh:

1. Makan makanan sehat

Konsumsi banyak protein setiap makan. Jenis makanan sehat yang bisa mempercepat metabolisme tubuh adalah: Raspberry, alpukat, cabe, semangka, berbagai jenis kacang seperti almond dan walnut, sayuran daun hijau, kedelai (bisa dalam bentuk kacang, susu kedelai, atau tahu dan tempe), teh hijau, teh adas (fennel tea), coklat hitam, minyak zaitun, minyak kelapa murni, daging ayam, ikan (terutama salmon).

2. Makan 5 kali sehari dalam porsi kecil

Makan porsi kecil 5 kali sehari atau setiap 4 jam, lebih baik daripada makan 3 kali sehari dalam porsi besar. Dengan cara ini, tubuh akan mencerna makanan dengan lebih baik dan secara kontinyu membakar lemak. Membuat metabolisme dan sistem pencernaan dalam tubuh berjalan stabil.

3. Minum airputih 2 sampai 3 liter air setiap hari

Orang yang terbiasa minum air 2 sampai 3 liter setiap hari bisa memiliki metabolisme lebih cepat hingga 30%, dan memiliki pencernaan yang lancar secara keseluruhan.

4. Cukup tidur setiap malam

Tidur yang nyenyak. Kurang tidur dapat menurunkan jumlah kalori yang Anda bakar, mempengaruhi cara Anda memproses gula dan mengganggu hormon pengatur nafsu makan. Cukup tidur bisa mempercepat metabolisme dan memberi energi agar tubuh bekerja dengan baik sepanjang hari.

Saat tidur juga adalah waktu terbaik bagi sistem pencernaan tubuh bekerja. Jadi kalau anda ingin punya tubuh sehat dan ideal, anda butuh cukup tidur setiap malam.

5. Olahraga

Lakukan olahraga berintensitas tinggi:  Angkat beban. Mengangkat beban berat penting untuk membentuk dan mempertahankan otot. Semakin banyak jumlah otot Anda, semakin tinggi metabolisme tubuh.

6. Hindari diet ketat

Tubuh butuh cukup kalori, lemak sehat dan nutrisi. Menjalani diet di bawah 1350-1500 kalori (untuk wanita, tergantung berat dan tinggi badan) setiap hari justru bisa merusak program diet penurunan berat badan yang sedang dijalani.

Saat tubuh kekurangan kalori, maka metabolisme akan berjalan lebih lambat untuk menghemat jumlah kalori dalam tubuh, hal ini supaya metabolisme bisa terus berjalan dan tubuh bisa bertahan.

Kecepatan metabolisme berjalan sesuai dengan banyaknya kalori dan lemak yang ada dalam tubuh. Maka metabolisme akan bekerja keras saat ada banyak lemak yang harus dibakar, dan melambat saat tubuh kekurangan lemak.

Jadi, melancarkan metabolisme supaya bisa membakar lemak lebih cepat tidak sulit sama sekali. Inti dari cara mempercepat metabolisme adalah makan cukup, minum cukup, istirahat cukup, jalani diet secukupnya, dan olahraga.

sumber: hellosehat,

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *