VPS HOSTING
VPS HOSTING

5 Makanan Penghilang Lelah, Bisa Memberi Energi dengan Cepat

  • Bagikan
5 Makanan Penghilang Lelah 5 Makanan Penghilang Lelah, Bisa Memberi Energi dengan Cepat

detaklifestyle, – Hilangkan lelah dan dapatkan energi dengan cepat dengan cara memakan lima jenis makanan ini. Lima makanan ini memiliki nutrisi tepat yang bisa membuat tubuh kembali segar, fokus, dan kuat.

Anda tahu bahwa kelelahan bisa menyebabkan kerusakan kondisi fisik dan emosional, dengan merusak sistem kekebalan tubuh. Kelelahan yang parah bisa menyebabkan sakit, depresi, bahkan serangan jantung. Untuk mengatasinya, tubuh perlu istirahat cukup dan nutrisi tepat dari makanan.

Makanan adalah bahan bakar utama untuk tubuh kita. Kalau tubuh terasa semakin lelah setelah makan, maka bisa jadi kita memilih ‘bahan bakar’ yang salah. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang tepat, makanan yang bisa memberi energi dan nutrisi pada tubuh, juga mudah dicerna supaya tubuh tidak dibuat makin lelah saat mencernanya.

Berikut ini 5 Makanan Penghilang Lelah, Bisa Memberi Energi dengan Cepat:

1. Telur

Sudah tahu kan bahwa telur adalah sumber protein? Selain protein, telur juga mengandung banyak vitamin B dan vitamin D. Banyak yang menjadikan telur sebagai menu sarapan karena mudah dimasak, dan memang telur bisa memberi banyak energi untuk memulai hari.

Untuk menu sarapan mudah, biasanya orang Indonesia memilih telur ceplok, telur dadar, atau telur rebus. Dan untuk menu sarapan ala barat yang mudah dibuat adalah menggunakan telur sebagai bahan utama pancake.

Untuk makan telur sepulang kerja, cobalah campur telur mentah pada smoothie (kalau suka), atau buat berbagai camilan telur seperti yang banyak dijual di pasar, atau tambahkan telur rebus pada salad. Kalau tidak suka salad gaya barat, coba salad gaya Sunda atau Jawa (maksudnya karedok atau gado-gado).

2. Pisang

Pisang adalah sumber potasium terbaik, mengandung gula alami, serta dilengkapi dengan campuran vitamin dan mineral. Pisang memberi energi lebih banyak dibanding roti dan pasta. Pisang juga efektif meredakan stress.  Dan yang terbaik dari pisang adalah: makanan yang mudah dicerna, jadi organ tubuh tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk mencerna pisang.

Kalau bosan makan pisang segar, pisang bisa dibuat jadi berbagai macam camilan. Coba tambahkan selai, tambahkan es krim untuk membuat banana split, buat pisang goreng, buat banana pancake, atau makan dengan es serut.

3. Kacang edamame

Kacang edamame (atau di Indonesia dikenal dengan nama kedelai Jepang) mengandung banyak vitamin B, protein, karbohidrat, dan serat. Satu gelas kacang edamame mengandung protein sebanyak 17 gram.

Dengan kandungan protein sebanyak itu, ditambah dengan nutrisi lain, menjadikan edamame sebagai “Camilan pemberi energi” yang baik untuk tubuh. Tidak heran banyak orang Jepang suka ngemil edamame setelah mereka pulang kerja.

4. Kacang almond

Kacang almond mengandung protein, omega 3, omega 6, copper, riboflavin, dan berbagai mineral lain. Kacang almond yang renyah ini cocok dijadikan cemilan saat kerja. Sediakanlah selalu sekantong kacang almond di tas atau di laci meja kerja, untuk jadi cemilan kapanpun kita mau.

Dengan energi yang didapat dari kacang almond, tubuh tidak akan mudah lelah dan siap untuk bekerja sepanjang hari.

5. Bayam

Bayam memiliki banyak zat besi yang merupakan bahan penting untuk memberi energi bagi tubuh. Cara cepat untuk menikmati bayam (selain dibuat tumis bayam) adalah dengan dibuat smoothie bayam, atau salad bayam.

Minum smoothie bayam saat sarapan bisa membuat tubuh berenergi lebih lama di siang hari. Untuk membuat smoothie bayam lebih enak, bisa dicampur dengan buah-buahan, madu, dan susu nabati.

Beberapa makanan lain yang ampuh untuk mengatasi kelelahan adalah: oatmeal, yogurt, dan buah-buahan. Smoothie dan jus adalah pilihan praktis. Kalau butuh kafein, minumlah air lemon hangat. Lemon memang tidak mengandung kafein, tapi ampuh membuat mata melèk secara instan.

Makanlah dengan tepat untuk mendapatkan energi. Jangan tergoda oleh kue dan kopi yang bisa menyegarkan secara instan, tapi bisa membuat tubuh merasa cepat lelah lagi, dan menyebabkan obesitas. Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan ketergantungan, membuat tubuh selalu merasa membutuhkan kafein.

Nilai Gizi yang Perlu Dipenuhi dari Menu Harian

Supaya tubuh anda tetap prima dan tidak mudah lelah walaupun anda sering kerja berat, anda perlu memenuhi nilai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Nilai nutrisi ini hanya bisa didapat dari menu makan sehat sehari-hari.

Vitamin dan Mineral penting yang perlu ada dalam menu harian:

1. Vitamin A

  • Jumlah vitamin A yang dibutuhkan: 5000 IU (4 wortel kecil mengandung  5500 IU vitamin A)
  • Manfaat vitamin A: merawat mata, meningkatkan daya penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, perkembangan jaringan tubuh.
  • Vitamin A bisa didapat dari: wortel, bayam, brokoli, ubi jalar.

2. Vitamin C

  • Jumlah vitamin C yang dibutuhkan: 80mg (1 buah stroberi mengandung  70 mg vitamin C)
  • Manfaat vitamin C: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh, melindungi sel dari radikal bebas.
  • Vitamin C bisa didapat dari: jeruk, kiwi, stroberi, bell pepper, sayuran daun hijau.

3. Vitamin D

  • Jumlah vitamin D yang dibutuhkan: 400 IU (85 gram salmon mengandung 447 IU vitamin D)
  • Manfaat vitamin D: tulang sehat, kesehatan otot saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin D bisa didapat dari: sinar matahari, salmon, jamur, keju, susu.

4. Kalsium

  • Jumlah kalsium yang dibutuhkan: 1000 mg (226 gram susu non-fat mengandung 299 mg kalsium)
  • Manfaat kalsium: tulang dan gigi sehat, membantu fungsi otot, menormalkan detak jantung, mencegah tekanan darah tinggi.
  • Kalsium bisa didapat dari: susu dan produk susu, salmon, kale, brokoli.

5. Potasium

  • Jumlah potasium yang dibutuhkan: 4,6 gram.
  • Manfaat potasium: menjaga tekanan darah tetap normal, meningkatkan kesuburan, menjaga fungsi saraf dan otot tetap baik.
  • Potasium bisa didapat dari: pisang, alpukat, ubi jalar (ubi manis), kentang, susu.

6. Magnesium

  • Jumlah magnesium yang dibutuhkan: 400 mg (28 gram almond mengandung 80 mg magnesium)
  • Manfaat magnesium: mencegah osteoporosis, mencegah diabetes, menormalkan tekanan darah tinggi, mengatasi kram otot.
  • Magnesium bisa didapat dari: bayam, gandum utuh, kacang-kacangan (kacang tanah, almond, mete, kacang polong, buncis, kacang panjang, kedelai).
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *