6 Manfaat dan Khasiat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

  • Bagikan
bawang bombay 1 6 Manfaat dan Khasiat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

lifestyle,Bawang bombay adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan cita rasa lezat dan aroma menggoda pada masakan. Menambahkan bawang bombay ke dalam masakan memberi cita rasa manis dan gurih yang enak. Konsumsi bawang renyah ini ternyata juga punya banyak manfaat sehat.

Bawang bombay memang mampu memberikan cita rasa khas pada masakan. Tidak heran, bahan makanan ini selalu tersedia di dapur restoran maupun rumah. Terlebih saat ditumis, bawang bombay mengeluarkan aroma yang sangat menggugah selera.

Tidak hanya digemari karena rasanya, ternyata bawang bombay juga menyimpan segudang manfaat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat memberikan kebaikan bagi tubuh. 

Apakah Anda penasaran manfaat apa yang terkandung dalam bawang bombay? Simak ulasannya berikut ini.

6 Manfaat dan Khasiat Bawang Bombay untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Baca juga:  Obat Herbal Atasi Perut Melilit, Mulas dan Mual

Dari hasil uji laboratorium membuahkan hasil bahwa makan setengah bawang bombay mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, secara otomatis tentu bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan jantung. Agar khasiatnya lebih terasa efektif, Anda bisa rutin mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

2. Melancarkan peredaran darah

Vitamin C dalam bawang bombay yang di dampingi oleh bantuan fitokimia dan nutrisi dalam bawang bombay memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan inflamasi.

3. Memenuhi nutrisi

Bawang bombay dapat dijadikan sebagai asupan multivitamin karena nutrisinya yang lengkap. Ditambah lagi, bawang bombay mengandung kalori yang rendah dan sangat cocok untuk menjaga kesehatan. Kandungan vitamin yang terkandung dalam bawang bombay adalah vitamin C, B6, B9 dan potasium yang memberikan banyak manfaat berupa mempercepat proses penyembuhan penyakit, meningkatkan daya tahan, membantu penyerapan zat besi, dan berbagai manfaat lainnya.

4. Membantu mengontrol gula darah

Baca juga:  Obat Herbal Atasi Maag dan Nyeri Lambung

Selain mampu untuk melancarkan peredaran darah, bawang bombay juga berkhasiat untuk mengontrol gula darah dengan bantuan kromium yang terkandungnya. Kromium adalah mineral penting yang membantu sel-sel untuk merespon kinerja insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol.

5. Melancarkan pencernaan

Kesehatan usus dan saluran pencernaan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Karenanya, mengkonsumsi bawang bombay sangat dianjurkan. Bawang bombay memiliki kandungan prebiotik dan serat yang dapat menunjang kinerja bakteri baik dalam usus. Kandungan tersebut memenuhi kebutuhan asam lemak tubuh dan memaksimalkan kesehatan pencernaan.

6. Meningkatkan sistem imun

Meningkatan sistem imun atau kekebalan tubuh tentunya dapat diperoleh dengan konsumsi suplemen. Namun asupan suplemen memungkinkan timbulnya efek samping. Sebagai alternatif yang lebih alami, konsumsilah bawang bombay sebagai pelengkap porsi makan Anda. Bawang bombay mengandung zat anti-viral dan vitamin C yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat dan khasiat dari bawang bombay untuk kesehatan, setiap orang yang rutin mengkonsumsinya. Jika Anda tidak menyukai bawang bombay apabila langsung dikonsumsi mentah-mentah, cari alternatif lain saja yaitu dengan menjadikannya bumbu masakan. (dtk)

  • Bagikan