VPS HOSTING
VPS HOSTING

Pengertian dan Manfaat dari Bersin

  • Bagikan
bersin popbela Pengertian dan Manfaat dari Bersin

lifestlye, – Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Jika seseorang sedang sakit bersin yang terjadi dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 m. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Dilihat dari sudut pandang Sains, Bersin merupakan reaksi penyesuaian untuk menyingkirkan ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dan membersihkan rongga hidung. Saat bersin, lelangit (“palate”) lembut dan uvula lendut sementara belakang lidah naik untuk menutup sebagian rute ke mulut agar udara yang disingkirkan dari paru-paru bisa dikeluarkan melalui hidung. Oleh karena penutupan mulut adalah sebagian, sejumlah besar udara ini biasanya juga dikeluarkan melalui mulut

Bersin biasanya sering dihubungkan dengan penyakit influenza atau pilek. Tetapi sebenarnya ini bukan hanya gejala penyakit influenza saja ini juga merupakan gejala penyakit pernapasan (misalnya rhinitis, dan selesma). Kadang kala kita bersin ketika pilek, ingus akan terdorong keluar dari dalam hidung. Ini dapat menularkan virus kepada orang disekitar kita. Untuk itu tutuplah mulut dan hidung dengan saputangan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Manfaat Bersin Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bersin untuk kesehatan

1. Bersin Membersihkan Hidung

Bersin merupakan reaksi spontan tubuh untuk membersihkan lubang hidung dari benda-benda asing dengan cara hembusan angin yang kuat dari paru-paru keluar tubuh baik melalui hidung maupun mulut.

2. Bersin Merestart Tubuh

Pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara. Dan setelah kita selesai masa bersin tersebut, maka jantung kita akan berdetak dengan normal kembali

3. Bersin Mengeluarkan bakteri dan penyakit yang ada dalam tubuh

Seperti disebutkan di awal ketika seseorang bersin akan mengeluarkan sekitar 40.000 butir air yang didalamnya terdapat bakteri ataupun penyakit dari dalam tubuh.

Bahaya Menahan Bersin Bagi kesehatan

Kebiasaan menahan bersin ternyata tidak baik bagi kesehatan. kebiasaan menahan bersin ini mungkin terjadi ketika seseorang berada ditempat umum, sedang dalam pertemuan penting atau dalam kondisi apa saja dan kebiasaan menahan bersin ini bertujuan untuk “jaim” atau “jaga image”. bisa dimaklumi sih, Namun menahan bersin ternyata mempunyai efek yang sangat fatal loh.

Seperti dilansir dari health.detik, dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Cleveland Clinics mengatakan “Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorokan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko”

dr Michael Roizen juga menyebutkan ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin yaitu:

  • Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  • Mimisan
  • Pecah gendang telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Vertigo
  • Retina yang terlepas atau mengalami emfisema. Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.

Aurorahealthcare.org juga menambahkan resiko lain jika menahan bersin, ketika seseorang menahan untuk bersin, bahaya yang akan terjadi adalah benda asing akan tinggal di dalam hidung orang itu, bahkan benda asing ini bisa masuk ke paru-paru dan organ lainnya. Pada akhirnya jika seseorang menahan untuk bersih, orang itu sedang membiarkan organ-organ dalamnya terkontaminasi.

Selain itu, ada kondisi medis dimana ketika seseorang menahan bersin, maka orang itu akan mengalami cidera seperti cidera diafragma, pembuluh darah di bagian putih mata pecah, gendang telinga pecah karena udara masuk kedalam telinga, peningkatan tekanan darah sesaat yang disebabkan oleh pembuluh darah di otak melemah dan pecah.

Tanggapan bila mendengar seseorang Bersin

Dalam budaya Islam yang didasarkan pada berbagai hadis dan ajaran Muhammad . Sebuah contoh dari hal ini adalah hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:

“Ketika salah satu dari kita bersin, biarkan dia berkata, “Al-hamdu-Lillah” (Segala puji bagi Allah ) , dan membiarkan saudaranya atau pendamping berkata kepadanya, “Yarhamuk Allah” (Semoga Allah merahmati anda) . Jika ia berkata, “Yarhamuk-Allah”, kemudian biarkan [hidung itu] berkata, “Allah wa Yahdiikum yuslihu baalakum” (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda).”

Referensi: wikipedia

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *