VPS HOSTING
VPS HOSTING

Gejala Asam Urat, Penyebab dan Cara Mencegah Asam Urat

  • Bagikan
ilustrasi asam urat Gejala Asam Urat, Penyebab dan Cara Mencegah Asam Urat
Ilustrasi Asam Urat ( shutterstock )

Lifestyle, Health – Penyakit Asam urat merupakan salah satu penyakit akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Zat purin yang berlebihan ini akan diolah oleh tubuh menjadi asam urat, namun dikarenakan zat purin yang berlebih membuat tubuh kewalahan dalam mengolah sehingga ginjal akan mengalami gangguan yaitu tidak mampu mengeluarkan asam urat dengan benar yang berujung pada rasa nyeri di bagian persendian akibat adanya tumpukan kristal di bagian persendian.

Bicara soal zat purin, apakah Anda sudah tahu apa itu? Jika belum, mari kita kenali dulu sebelum lebih jauh mengulas tentang penyakit asam urat ini.

Zat purin merupakan zat yang terbentuk dari makanan yang kita konsumsi sehari hari seperti yang berasal dari tubuh makhluk hidup, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwasanya penyakit asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi tiap hari dimana lebih dominan menyerang seseorang pada usia lanjut.

Asam urat juga mengundang beberapa penyakit lain seperti diabetes, gangguan ginjal atau hipertensi. Jika dibiarkan tanpa dilakukan berbagai tindakan medis bisa mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal yang berujung pada gagal ginjal

Gejala Asam Urat 

Terdapat banyak gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, antara lain:

  1. Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  2. Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  3. Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  4. Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, tetapi kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah resiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Penyebab Asam Urat

Asam urat terjadi disebabkan oleh beberapa makanan yang kita konsumsi tiap hari dimana makanan-makanan ini seharusnya (juga) menjadi pantangan bagi penderita asam urat, apa saja? Simak berikut ini beberapa jenisnya.

  1. Makanan yang berzat purin tinggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut ,dan daging merah yang mengandung protein disertai tinggi lemak.
  2. Untuk buah-buahan yang menjadi pantangan sekaligus penyebab asam urat misalnya nanas dan durian.
  3. Banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol
  4. Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, siklosporin, dan obat-obatan kemoterapi
  5. Mempunyai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga. 

Cara Mencegah Asam Urat

Untuk mencegah penyakit ini Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut.

  1. Menghindari Makanan memiliki zat Purin Tinggi.
  2. Banyak mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, strawberry, dan pepaya.
  3. Buah dan sayur yang bisa juga mengobati asam urat seperti buah naga, sawi putih, belimbing sayur, sawi hijau, tomat, dan jahe.
  4. Perbanyak Minum Air Putih.
  5. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  6. Menghindari obesitas
  7. Rutin berolahraga

Itulah cara mengetahui gejala Penyakit Asam Urat, Penyebab dan Cara mencegahnya. Sampai disini apakah Anda sudah paham? Penting!! Mulai sekarang hindari lah gaya hidup tidak sehat.

sumber: wikipedia, halodoc, manfaatsehat

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *