10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

  • Bagikan
10 bunga terharum 1 1 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Lifestyle, – Bunga atau kembang (bahasa Latin: flos) adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, “tumbuhan berbiji tertutup”). Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik.

Bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence,

Terbentuknya bunga sejak lama menjadi perhatian orang, karena banyak nilai ekonomi tanaman budidaya bergantung pada pembentukan bunga.

Bunga tidak akan terbentuk sebelum jaringan tempat ia akan muncul telah mencapai tahap kematangan (maturity) tetapi belum terlalu tua (senile). Ada jutaan jenis bunga di dunia, dan semuanya memiliki aroma yang berbeda. Banyak bunga yang paling harum, walau ada juga bunga yang bau busuk.

Kenapa tiap jenis bunga memiliki aroma berbeda?

Karena, setiap bunga menghasilkan senyawa kimia yang unik (yang menyebabkan aroma) untuk mengarahkan serbuk sari dari stigma jantan ke betina. Juga, tidak semua aroma bunga menyenangkan bagi manusia. Itu tergantung pada senyawa volatil yang diproduksi di setiap bunga.

10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

1. Lavender

lavender choose 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Lavender adalah bunga berwarna ungu dan memiliki aroma khas yang dapat membuat anda rileks. Bunga ini sangat terkenal karena aromanya. Baik saat masih segar atau pun setelah dikeringkan, lavender tetap memiliki aroma yang sama.

Seperti halnya bunga geranium, bunga lavender juga digunakan sebagai bahan aktif dalam produk pengusir nyamuk. Menggunakan bunga lavender asli tentu akan lebih baik. Jadi, kenapa tidak mulai menanam bunga lavender di halaman rumah anda? Selain indah, harum, juga akan menjauhkan nyamuk dari rumah anda.

2. Mawar

mawar sang 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Bunga ini banyak digunakan untuk membuat parfum atau produk perawatan kulit karena harum dan mengandung vitamin C. Air mawar adalah salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersinar alami. Mawar tersedia dalam banyak warna termasuk merah, merah muda, putih, dan kuning.

Setiap jenis bunga mawar memiliki aroma yang berbeda. Mawar taman sangat harum, dengan jumlah kelopak yang banyak, serta bentuk mekar “cup” yang besar. Mawar tradisional biasanya mekar terus-menerus, sedangkan mawar kubis biasanya hanya mekar sekali musim.

Mawar modern dirancang untuk memiliki ukuran bunga yang besar dan tahan lama saat dipajang dalam vas. Efek samping menyedihkan dari semua mawar hasil rekayasa ini adalah kehilangan aroma indah yang harusnya dimiliki oleh mawar. Bahkan beberapa mawar yang dibeli di toko hampir tidak memiliki aroma sama sekali.

3. Melati

melati 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania, melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunganya yang harum.

Di Indonesia, salah satu jenis melati telah dipilih menjadi “puspa bangsa” atau bunga simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.

Bunga melati biasanya dikeringkan untuk digunakan sebagai bahan pembuat teh melati. Walaupun di Indonesia juga ada kepercayaan bahwa bunga melati juga memiliki daya mistis, atau sering dihubungkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Tapi bunga melati tetap disukai banyak orang.

Bunga melati mekar dalam warna putih dan kekuningan. Melati adalah bunga yang bermekaran di malam hari dan menghasilkan aroma yang menenangkan di seluruh lingkungan sekitarnya. Keharuman bunga melati akan tercium makin intens saat bulan purnama.

4. Lily of The Valley

lily of the valley 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Lily of The Valley dikenal karena keharuman dan keindahannya yang menyenangkan. Lily of The Valley adalah bunga halus yang berasal dari Amerika Serikat bagian utara. Sesuai namanya, bunga ini adalah anggota keluarga lily.

Tanaman Lily of The Valley memiliki bunga berbentuk lonceng yang menunduk. Meski ukurannya kecil, Lily of The Valley memiliki aroma harum yang lembut, sehingga bunga ini banyak digunakan dalam produksi parfum. Sebagai orang juga menggunakannya sebagai herbal untuk mengobati demam.

5. Chamomile

chamomile 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Chamomile adalah bunga indah yang mekar di semua jenis musim. Bunga chamomile memiliki aroma yang manis, dan itu lebih dari cukup untuk membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Sebagian besar orang lebih mengenal bunga chamomile sebagai bahan teh herbal, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hmm, jadi selain bunganya cantik, aromanya harum, juga bermanfaat untuk kesehatan.

6. Wisteria

wisteria 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Wisteria adalah tanaman merambat berbunga yang banyak tumbuh di Jepang, Korea, Cina, dan Amerika Serikat. Bunga yang menakjubkan ini mekar dalam warna ungu, merah muda, dan putih. Selama mekar, wisteria menghasilkan aroma yang menyenangkan dan manis.

Tidak semua spesies bunga wisteria menghasilkan bau. Wisteria Cina adalah jenis bunga yang aromanya paling enak dan menyenangkan. Tanaman wisteria bisa merambat naik hingga ketinggian maksimum 20 meter dan menyebar sepanjang 10 meter.

7. Selasih (Basil)

selasihbasil 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Aroma kuat yang dihasilkan dari tanaman basil bisa membuat anda rileks. Basil juga dapat meredakan batuk dan influenza, dibuat dan dijadikan teh. Di Indonesia, bunga basil sebenarnya disebut “selasih”, berbeda dengan kemangi.

Tanaman basil berasal dari India tapi bisa tumbuh di daerah iklim tropis. Basil dipercaya sudah tumbuh sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu. Namun, aroma basil bisa bervariasi tergantung dari mana basil itu dibudidayakan.

8. Eucalyptus

Eucalyptus 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Tanaman eukaliptus memiliki daun hijau panjang dan gelap. Bentuk bunganya yang cantik dan agak unik cocok untuk dekorasi kamar tidur anda. Eucalyptus dapat mengisi kamar anda dengan aroma yang menenangkan dan segar.

Eucalyptus merupakan sejenis pohon yang daun dan minyaknya dapat digunakan untuk membuat obat. Meski butuh penelitian lebih lanjut, namun eucalyptus seringkali digunakan untuk penderita kondisi kesehatan tertentu, seperti asma, bronkitis, plak, gingivitis, serta kutu pada kepala.

9. Cosmos atrosanguineus (Kosmos cokelat)

Cosmos atrosanguineus flower 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

cokelat kosmos adalah spesies Kosmos , asli Meksiko . Telah sering diklaim bahwa ia punah di alam liar; Namun itu “cukup berlimpah” di Meksiko. Spesies ini diperkenalkan pada budidaya pada tahun 1885, ketika perusahaan benih Inggris Thompson & Morgan pertama kali memasukkannya ke dalam katalog benih mereka.

bunga kosmos menghasilkan aroma vanilla yang enak. Bunga chocolate cosmos memiliki warna coklat kemerahan. Bunga ini dinamai coklat karena warna dan aromanya mirip coklat. Tanaman ini mekar di malam hari. Selama musim panas, cokelat kosmos menghasilkan aroma menyenangkan yang lebih intens daripada musim lainnya karena panas yang kuat.

10. Kacapiring (Gardenia)

Bunga Kacapiring Shutterstock 1 1 10 Jenis Bunga Ini Memiliki Aroma Paling Harum di Dunia

Nama Gardenia diambil dari nama ahli botani terkenal asal Skotlandia, Alexander Garden. Gardenia adalah bunga berbau lilin yang berasal dari daerah tropis di Asia Selatan, Australia dan Afrika. Gardenia adalah anggota keluarga kopi.

Bunga putih yang indah ini terkenal dengan aroma yang kuat dan menenangkan. Banyak peramu parfum menggunakan bunga gardenia sebagai bahan utamanya. Serta sering digunakan dalam upacara pernikahan karena keindahan dan keharumannya.

Gardenia juga digunakan untuk bahan campuran makanan dan kain di Jepang dan Cina. Orang-orang Cina telah lama menggunakan buah gardenia sebagai obat tradisional mereka. Meski butuh perawatan ekstra bagi yang ingin menanamnya, tapi gardenia tetap disukai karena hasilnya sepadan dengan usaha. (wiki)

Baca juga:  Bunga Rosella Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan
  • Bagikan