VPS HOSTING
VPS HOSTING

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
susu kedelai thinkstock Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh
Susu Kedelai (thinkstock)

Lifestyle, Health – Susu kedelai (Hanzi: 豆漿; 豆奶) adalah semacam minuman yang dibuat dari kedelai, disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya seperti youtiao. Susu kacang memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.

Susu kedelai diproduksi pertama kali di negeri China dan belum ada yang tahu pasti kapan susu kedelai bisa merasuk kedalam pasar di Indonesia.

Ok Kali ini, topik pembahasan kita kali ini cukup menarik yaitu mengenai susu kedelai, lebih tepatnya saya akan memberikan sedikit informasi bagi Anda mengenai manfaat yang akan diperoleh jika rutin mengkonsumsi susu kedelai. Mau tahu apa saja? Berikut ini ulasan yang bisa Anda simak langsung.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Kolesterol

Susu kedelai mengandung senyawa khusus yang berbeda dan hampir tidak dimiliki oleh susu lain dimana senyawa ini mampu untuk meningkatkan profil lipid dalam darah Anda. Selain itu susu kedelai juga bisa menghambat masuknya kolesterol jahat didalam tubuh yang disebabkan oleh adanya asam lemak tak jenuh dalam kedelai. Jika Anda ingin terbebas dari masalah kolesterol, salah satu langkah pencegahan paling mudah adalah dengan rutin minum susu kedelai tiap harinya, dengan begitu Anda sudah bisa meminimalisir gejala kolesterol yang mungkin akan mengancam Anda suatu saat dan juga mencegah penyakit jantung koroner.

2. Mencegah kanker prostat

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa kacang kedelai mengandung hormon fitoestrogen yang dapat menghambat produksi testosteron khususnya bagi pria? Selain itu, adanya hormon fitoestrogen dalam susu kedelai bisa menurunkan kadar testosteron dalam tubuh sehingga secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit kanker prostat.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi kalsium yang dibutuhkan oleh tulang sehingga menyebabkan tulang lebih mudah keropos. Untuk itu, susu kedelai adalah alternatif mudah dan murah yang bisa membantu Anda terbebas dari masalah osteoporosis dan kesehatan tulang lainnya.

4. Menurunkan berat badan

Jika dikalkulasikan, susu kedelai setidaknya mengandung 7 gram gula tiap cangkirnya. Itu menandakan bahwa susu kedelai adalah jenis susu yang rendah gula. Selain rendah gula, susu kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang berkhasiat untuk menyerap lemak jahat dalam usus sehingga sangat efektif untuk Anda yang ingin mengecilkan perut.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati dari lezatnya susu kacang kedelai. Menurut penelitian, selain berkhasiat untuk mencegah kanker prostat, osteoporosis, dan menurunkan berat badan, susu kedelai juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *