Inilah 20 Alasan Tubuh Kita Butuh Banyak Air

  • Bagikan
water air Inilah 20 Alasan Tubuh Kita Butuh Banyak Air

Lifestyle, Health – Tentu kamu sudah mengetahui bahwa tubuh kita butuh banyak air, Air diyakini membentuk dua pertiga tubuh dan mempengaruhi 100 persen proses dalam tubuh. Itu menjelaskan secara singkat alasan tubuh butuh banyak air. Kita butuh asupan air yang cukup setiap hari supaya tubuh tidak kekurangan cairan.

Inilah 20 Alasan Tubuh Kita Butuh Banyak Air

1. Menyeimbangkan cairan tubuh

Sekitar 60 persen tubuh manusia terbuat dari air, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh berarti memastikan cairan melakukan tugasnya dengan baik, seperti: menghantarkan nutrisi ke seluruh tubuh, membantu pencernaan, mengatur suhu tubuh dan sebagainya.

2. Air memberi energi pada tubuh

Kelelahan adalah tanda pertama dari dehidrasi dan minum beberapa gelas air bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk.

3. Melancarkan pencernaan

Air membantu tubuh untuk, melancarakan buang air dengan melarutkan lemak dan serat. Minum cukup air dapat mencegah konstipasi, mengurangi beban ginjal dan hati dengan cara membantu membersihkan kotoran.

Pada usus besar, air bekerja sama dengan serat untuk melembekkan kotoran hingga lebih mudah untuk dibuang. Saat tubuh kekurangan cairan, usus besar menarik air dari kotoran sehingga meningkatkan resiko konstipasi.

4. Membantu menurunkan berat badan

Baca juga:  Pengertian Diet dan Jenis Makanan Terbaik Untuk Diet Sehat

Menambah asupan air bisa membantu siapapun yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Penelitian menemukan bahwa mereka yang minum air sebelum makan bisa menurunkan berat badannya lebih cepat dibanding mereka yang tidak minum sebelum makan atau bahkan dari yang kekurangan air minum. Penambahan H2O bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, juga meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Membuat kulit sehat dan cantik

Minum air menjaga kelembaban alami kulit, menjaga elastisitas kulit, mencegah keriput dan membersihkan kulit dari dalam.

6. Membuat ginjal bekerja

Ginjal membersihkan kotoran dari tubuh, membantu mengendalikan tekanan darah, dan menyeimbangkan cairan: karena itu ginjal memegang peranan penting untuk menjaga sistem dalam tubuh berjalan lancar. Satu cara agar ginjal bekerja dengan baik adalah dengan memastikan kecukupan asupan air, agar ginjal selalu dalam kondisi prima.

7. Asupan air berhubungan dengan kesehatan jantung

Baca juga:  6 Manfaat dan Khasiat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa banyak minum air bisa mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung koroner, sementara banyak minum cairan penambah energi, seperti soda dan minuman berenergi, bisa meningkatkan resiko penyakit tersebut. Karena itu, air putih atau air kelapa asli adalah alternatif terbaik sebagai minuman penambah energi.

8. Melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker

Penelitian menemukan bahwa semakin banyak asupan air, semakin kecil resiko kanker kandung kemih. Hasil penelitian ini semakin signifikan saat cairan yang digunakan adalah air. Satu alasan yang paling mungkin adalah karena sering buang air kecil bisa mencegah pembentukan karsinogen penyebab kanker kandung kemih. Tetap terhidrasi juga bisa mengurangi resiko kanker usus besar dan kanker payudara.

9. Melindungi sendi dan tulang rawan

Baca juga:  Beberapa Manfaat dari Tanaman Lidah Buaya

Air melumasi sendi serta menjaga tulang rawan di sekitar sendi terhidrasi dan lentur. Air juga melindungi urat saraf tulang belakang dan urat, menjaga tubuh tetap sehat dari dalam maupun luar.

10. Minum air bisa mencegah sakit kepala secara alami

Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala parah pada sebagian orang. Sakit kepala seperti ini bisa reda hanya dengan minum 2-4 gelas air dalam 2-3 jam.

11. Air membantu untuk berpikir lebih jernih dan waspada

  • Bagikan