Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

  • Bagikan
Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan
Foto : Freepik

Kebanyakan orang yang sedang diet disarankan untuk mengganti konsumsi nasi dari beras merah. Selain memiliki kalori yang lebih rendah, di dalamnya terkandung berbagai vitamin seperti Vitamin B dan Vitamin E adalah alasan beras merah baik untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya Apa Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan?

Beras merah adalah jenis beras yang lebih difungsikan untuk program penurunan berat badan seseorang, Selain baik sebagai makanan untuk membantu program diet seseorang, 

Beras merah memiliki komposisi kandungan yang berbeda dari nasi putih. Nasi merah dinilai lebih menyehatkan dibanding nasi putih, sehingga sering dijadikan alternatif karbohidrat untuk orang-orang yang sedang diet.

Beras merah juga layak dikonsumsi dengan tujuan lain karena faktanya beras merah memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit dengan bantuan zat gizi seperti mineral, vitamin, dan serat alami yang juga terkandung.

Baca juga:  9 Jenis Makanan Ini Ternyata Paling Sulit Dicerna

Selama ini, kita lebih sering mengkonsumsi beras putih saja, sehingga sangat sedikit seseorang yang tertarik untuk mengkonsumsi jenis beras yang lain, seperti beras merah misalnya.

Padahal beras merah jauh lebih baik dibanding beras putih, hanya saja rasanya yang sedikit hambar membuat lidah orang kebanyakan menjadi tidak berminat untuk mencicipinya. Beras merah pun harganya lebih mahal dibanding beras putih dikarenakan produksi beras merah di Indonesia sendiri tidak sebanyak beras putih sehingga membuatnya lebih mahal.

Tetapi hal tersebut tidak menjadi halangan orang yang ingin langsing untuk membelinya karena mereka sudah mengetahui manfaat beras merah untuk kesehatannya, bagi kamu yang belum tahu berikut ini akan saya coba ulas sedikit mengenai manfaat beras merah untuk kesehatan.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Bau Badan

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

1. Menghaluskan kulit

Ingat bahwa kulit luar (bran) beras merah tidak ikut hilang dalam proses penggilingan. Nah, kulit luar inilah yang dapat membantu mengurangi berat badan dan Beras merah juga baik untuk kecantikan yaitu dapat menghaluskan tekstur kulit agar lebih halus serta dapat mengatasi alergi pada kulit.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat diminimalisir oleh beras merah, lebih tepatnya pada bagian dedak beras merah. Selain itu kandungan zat yang terdapat didalam minyak dedak juga dapat membantu mencegah resiko serangan jantung. Untuk itu, jika ingin menjaga kesehatan jantung cukup konsumsi beras merah setidaknya seminggu sekali agar kamu merasakan sendiri khasiatnya.

Baca juga:  Tips Olahraga Ringan Agar Kaki Anda Sehat

3. Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan magnesium pada beras merah juga baik untuk kesehatan tulang, sehingga rutin mengkonsumsi beras merah dapat membantu mencegah masalah nyeri sendi dan dapat mencegah pengeroposan tulang serta menurunkan risiko terkena penyakit, seperti osteoporosis.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Beras merah dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh

Seperti penyakit beri-beri, kesemutan, sakit pinggang dan rematik dapat dicegah dengan beras merah, karena kandungan vitamin B dari beras merah sangat tinggi.

Nah, Itulah beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan yang akan kamu peroleh jika rutin mengkonsumsinya, perlu kamu ketahui bagi orang yang kurus juga sangat cocok untuk menggemukkan badan.

sumber : halodoc,liputan6

  • Bagikan