VPS HOSTING
VPS HOSTING

Manfaat dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

  • Bagikan
Temulawak Manfaat dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan
Foto: feepik

Temulawak (temu lawak) yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb ini termasuk ke dalam famili Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah koneng gede, temu labak, tommo, ataupun korbanga. Mempunyai kemiripan dengan kunyit karena daging umbinya yang berwarna kuning. Namun temulawak memiliki ukuran lebih besar dan tekstur lebih kasar.

Kandungan Pada Temulawak

Seperti kebanyakan tanaman dalam famili Zingiberaceae lainnya, temulawak juga dikenal sebagai tanaman obat karena mengandung senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh mulai dari protein, serat, mineral, dan kurkumin. Selain itu, terdapat tiga zat aktif yang terkandung dalam temulawak, yaitu: 

  • Germakron, yang bersifat anti radang dan menghambat pembengkakan;
  • P-toluilmetilkarbinol dan seskuiterpen d-kamper, meningkatkan produksi dan empedu.
  • Turmeron, antimikroba.

Manfaat dan Khasiat Temulawak 

Oleh karena kandungan kimia di atas, temulawak pun kemudian dianggap memiliki manfaat selain imunitas, yakni sebagai berikut:

  1. Menetralkan racun
  2. Menghilangkan nyeri
  3. Antibakteri
  4. Mencegah perlemakan dalam sel-sel hati
  5. Antioksidan
  6. Menurunkan kolesterol
  7. Menurunkan trigliserida atau lemak yang banyak ditemukan di dalam darah
  8. Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

Temulawak juga Bisa Sebabkan Efek Samping

Meskipun fungsinya sangat banyak, namun bukan serta merta kamu bisa mengkonsumsinya berlebihan. Pasalnya, temulawak juga bisa menyebabkan efek samping. Untuk penggunaan dalam jangka waktu singkat, temulawak umumnya aman digunakan. Namun, jika digunakan  lebih 18 minggu, temulawak juga bisa sebabkan iritasi perut dan mual.

Maka dari itu, tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi temulawak sebagai obat. Karena meski berasal dari bahan alami, tidak menutup kemungkinan tanaman ini bisa memberikan efek negatif juga. 

Kesimpulan

Itulah yang perlu diperhatikan dari manfaat dan khasiat temulawak. Ingat, selalu perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu agar terhindar dari gangguan kesehatan, ya.

Saat ini tanaman herbal temulawak sudah banyak diolah dan dipasarkan dalam bentuk yang lebih modern seperti cream, serbuk, minuman kesehatan dan kapsul. Jadi kita tidak perlu repot lagi mencari dan meramunya.

sumber: halodoc

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *