Masker Rambut Alami Untuk Rambut Kering, Berminyak, Rontok dan Berketombe

  • Bagikan
Rambut lebat freepik Masker Rambut Alami Untuk Rambut Kering, Berminyak, Rontok dan Berketombe

Bagi wanita, rambut adalah mahkota yang dapat menambah kecantikan, keanggunan dan rasa percaya diri. Karena itulah, banyak wanita berlomba-lomba melakukan perawatan rambut agar rambutnya tampak sehat, indah dan mempesona. Tidak peduli jika harus mengeluarkan biaya mahal.

Rambut yang lebat dan sehat memang menjadi salah satu daya tarik dari penampilan kita. Tak heran ketika rambut mulai rontok bahkan mulai mengalami kebotakan, rasa percaya diri juga ikut menurun.

Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mengurangi kerontokan tersebut dengan beberapa bahan alami penyubur rambut. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan?

Salah satu perawatan rambut yang sedang digandrungi saat ini adalah dengan menggunakan masker rambut alami yang pastinya terbuat dari bahan-bahan alami tanpa efek samping. Berikut ini resep dan cara penggunaannya:

Masker untuk Kulit kepala berminyak

Perasan air jeruk nipis adalah bahan alami yang dapat mengikat minyak tanpa membuat rambut kering. Yogurt plain atau tanpa rasa akan memberi nutrisi pada kulit kepala dan setiap helai rambut agar lebih lembut dan sehat.

Bahan:

  • 2 sdm yogurt tanpa rasa,
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis.
Baca juga:  7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Cara Menggunakan:

  1. Campur dua bahan di atas hingga tercampur rata.
  2. Pada rambut yang masih lembab, oleskan masker, pijat ringan pada kulit kepala sekitar 3 menit. Diamkan selama 10 – 15 menit.
  3. Keramas seperti biasanya, gunakan kondisioner pada ujung-ujung rambut, bilas.
  4. Ukuran bahan masker bisa Anda sesuaikan dengan panjang rambut.
  5. Masker ini bisa Anda gunakan satu minggu sekali.

Masker untuk rambut kering

Tentunya masing-masing tipe rambut harus diperlakukan berbeda sesuai dengan kebutuhan nutrisi rambut. Namun, untuk rambut kering atau batangnya bergelombang tak rata yang Anda butuhkan adalah deep moisturizer. Memberikan kelembaban ekstra sehingga batang rambut tidak lagi kekeringan dan lebih lembut.

Bahan:

  • 1 buah pisang,
  • 3 sdm mayonaise plain,
  • 1 sdt minyak zaitun.

Cara menggunakan:

  1. Oleskan rambut yang dalam keadaan kering dengan ramuan yang telah dicampur rata. Pastikan ramuan hanya dioleskan pada batang rambut saja, bukan di kulit kepala.
  2. Setelah rata dan menyeluruh, bungkus rambut dengan handuk hangat sekitar 15-20 menit. Pastikan handuk tetap hangat agar ramuan dapat merasuk lebih efektif.
  3. Bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa.
  4. Jangan lupa gunakan conditioner di bagian ujung rambut setiap sehabis keramas dengan shampoo. Bilas kembali hingga bersih.
Baca juga:  Vaksin Gratis, Jenis Yang Mana?

Masker untuk rambut berminyak

Rambut berminyak sebenarnya tak susah untuk dirawat kok. Sekalipun produksi minyak sering membuat rambut lepek, dengan perawatan yang tepat maka rambut akan tetap terlihat lembut bersinar.

Bahan:

  • 2 sdm yogurt plain,
  • 1 sdm jeruk nipis

Cara menggunakan:

  1. Aplikasikan ramuan yang telah dicampur pada batang rambut hingga menyeluruh.
  2. Biarkan hingga 5 – 10 menit sebelum kemudian bilas dengan air dingin.
  3. Keramas dengan shampoo dan gunakan conditioner di bagian ujung batang rambut.
  4. Bilas kembali hingga bersih.

Masker untuk rambut rontok

Seorang hairstylist pernah mengatakan, saat memiliki rambut rontok jangan melakukan perawatan creambath. Pemijatan yang kurang tepat akan menyebabkan rambut rontok lebih banyak. Untuk itu perawatan hair spa atau hair mask adalah yang paling tepat.

Bahan:

  • 2 sdt minyak sayur,
  • 10 tetes aromatherapy alang-alang.

Cara menggunakan:

  1. Pijat-pijat perlahan setiap batang rambut dengan ramuan yang telah dicampur. Ingat, jangan menariknya terlalu keras, agar rambut tidak rontok.
  2. Diamkan selama 10 menit, kemudian lakukan keramas seperti biasa.
  3. Conditioner tetap harus diaplikasikan di bagian ujung batang rambut agar rambut tidak kering dan tetap bernutrisi.
Baca juga:  Kunyit Asam Jawa

Masker untuk rambut berketombe

Sedangkan rambut berketombe juga boleh diberikan perawatan hair mask. Manfaatnya adalah merangsang kondisi batang rambut agar tetap sehat dan kuat, serta mengurangi jumlah ketombe.

Bahan:

  • 2 sdt minyak sayur,
  • 10 tetes aromatherapy tea tree.

Cara menggunakan:

  1. Pijat-pijat seluruh batang rambut dengan ramuan. Untuk ketombe yang cukup parah, Anda bisa mengoleskan sedikit ramuan di bagian kulit kepala.
  2. Bungkus dengan handuk hangat dan biarkan selama 10 – 15 menit.
  3. Bilas dengan air, kemudian keramas seperti biasa.
  4. Silahkan coba membuat masker alami untuk rambut Anda dan lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal. Jangan pernah bermimpi untuk mendapatkan hasil instant.

Itulah beberapa tips dan cara membuat Masker Rambut alami untuk rambut Kering, berminyak, rontok dan berketombe. Lakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal. semoga bermanfaat

  • Bagikan