10 Makanan untuk Rambut Sehat, Cantik, Lebat dan Berkilau

  • Bagikan
10 Makanan untuk Rambut Sehat Cantik Lebat dan Berkilau 10 Makanan untuk Rambut Sehat, Cantik, Lebat dan Berkilau
foto: pixabay

Semua makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk membuat rambut sehat, cantik, lebat, dan berkilau alami. Makanan yang tepat bisa memberi nutrisi pada rambut dari dalam. Jadi sebenarnya, tidak perlu melakukan perawatan rambut mahal jika kebutuhan nutrisi tubuh dan rambut tercukupi setiap hari.

Karena itu, 10 makanan ini harus dimakan secara teratur setiap hari. Jika tidak makan menu sehat rutin setiap hari, sama saja bohong. Karena perawatan rambut dari luar saja tidak akan memberi hasil yang baik.

Inilah 10 Makanan Sehat untuk Rambut Sehat, Cantik, Lebat dan Berkilau

Selama ini, kebanyakan orang terlalu berpatok pada produk-produk kesehatan rambut (seperti shampoo, conditioner, dan lain sebagainya) dalam merawat rambut mereka. Padahal, makanan yang Anda makan juga mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Berikut adalah daftar-daftar makanan yang dapat berguna untuk kesehatan rambut Anda:

1. Yoghurt

Yoghurt kaya akan probiotics, yakni bakteri sehat yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, yoghurt juga kaya akan protein, kalsium, vitamin B, dan mineral. Dengan semua nutrisi tersebut, yoghurt mampu mengembalikan kelembaban alami rambut dan membuat rambut lebih kuat.

Disarankan untuk hanya mengkonsumsi yoghurt original, tanpa tambahan perasa atau pewarna buatan.

Baca juga:  10 Jenis Makanan ini Menjaga Tetap Cantik dan Awet Muda

2. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan zinc dan asam lemak esensial omega-3 yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan kesehatan rambut. Asam lemak esensial bisa membantu pertumbuhan rambut, dan mengurangi rambut rontok.

Ikan salmon juga kaya akan niacin yang meningkatkan sirkulasi darah, membantu memperbaiki kerusakan rambut, dan memberi kelembaban pada rambut. Kalau Anda tidak suka makan ikan salmon, maka suplemen minyak ikan adalah pilihan tepat bagi Anda.

3. Gandum utuh

Gandum utuh mengandung banyak zinc, zat besi, dan vitamin B yang mendorong sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi sel darah merah yang lancar membawa oksigen ke kulit kepala sehingga mendorong pertumbuhan rambut dengan baik.

4. Wortel

Sayuran berwarna jingga ini kaya akan vitamin A yang bertugas mengeluarkan sebum dalam kulit kepala sehingga membuat rambut bersinar alami. Sebaiknya makan wortel segar atau dalam bentuk jus, karena proses memasak bisa menghilangkan banyak kandungan vitamin A pada wortel.

5. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan asam lemak esensial, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin E. Makan kacang almond setiap hari bisa menambah kelembaban rambut dan membuat rambut jadi lebih kuat.

Baca juga:  4 Tips Mengobati Jerawat Menggunakan Tea Tree Oil

6. Walnut

Kacang-kacangan, terutama walnut, bisa meningkatkan kadar biotin yang bagus untuk kesehatan rambut. Walnut mengandung banyak asam lemak omega-3, vitamin E, copper, dan biotin. Dengan nutrisi tersebut, walnut mampu melindungi sel-sel dari kerusakan, dan menjaga warna alami rambut bersinar alami.

7. Tiram

Kekurangan androgen merupakan salah satu penyebab utama rambut rontok. Tiram mendorong produksi androgen dalam tubuh, sehingga bisa mengatasi kerontokan rambut. Tiram juga mengandung zinc, yang merupakan antioksidan kuat yang penting untuk pertumbuhan rambut.

8. Bayam

Bayam kaya akan vitamin C, zat besi, dan folic acid. Ketiga nutrisi tersebut bisa membantu mencegah kerontokan rambut, dan membuat rambut jadi lebih sehat. Makan bayam organik segar dalam bentuk smoothie adalah cara terbaik untuk memperoleh nutrisi dari bayam secara penuh.

Tapi jika Anda tidak suka bayam segar, pastikan untuk tidak memasak bayam terlalu lama, masak bayam selama 5 menit sudah lebih dari cukup.

9. Makanan kaya cysteine

Cysteine merupakan salah satu jenis asam amino yang bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh, mendorong pertumbuhan rambut, dan menambah ketebalan pada setiap helai rambut. Makanan yang mengandung banyak cysteine adalah brokoli, cabe merah, bawang putih, telur, daging unggas.

Baca juga:  Manfaat Dari Asam Jawa

10. Makanan mengandung banyak vitamin A

Makanan sumber vitamin A, seperti wortel, ubi manis, asparagus, dan labu bisa mengubah beta karoten menjadi vitamin A dalam proses pencernaan. Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala, melembabkan rambut dan kulit, sehingga mencegah ketombe, serta membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Manfaat terbaik dari dari makanan untuk rambut lebat dan cantik bisa didapat dengan mengkombinasikan makanan tersebut dalam menu sehari-hari. 10 makanan di atas adalah kombinasi sehat yang kaya Vitamin B, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, zinc, folic acid, dan protein.

Walaupun masing-masing makanan tersebut memiliki nutrisi penting, mengkombinasikan makanan super tersebut setiap hari lebih baik daripada hanya makan 1 atau 2 jenis setiap hari.

Namun jika kamu terlalu sibuk atau karena alasan lain mengalami kesulitan untuk menyertakan 10 makanan super di atas dalam menu sehari-hari, maka suplemen minyak ikan dan suplemen vitamin B kompleks bisa jadi pilihan yang baik bagi Anda.

  • Bagikan