VPS HOSTING
VPS HOSTING

Manfaat Dari Asam Jawa

  • Bagikan
asam jawa Manfaat Dari Asam Jawa

Asam jawa (asem) buah yang memiliki nama latin (Tamarindus indica) mungkin tidak asing lagi karena buah yang memiliki rasa masam ini sering dipakai sebagai bumbu masakan yaitu sayur asem. Namun kali ini yang akan kita bahas bukan tentang manfaat sayur asem,melainkan membahas manfaat dari asam jawa bagi kesehatan

Mengenal Asam Jawa

Asam jawa (tamarindus indica) merupakan Tumbuhan daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dengan rasa khas asam.

Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2 – 5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.Asam jawa juga memiliki nama lain diantaranya tamarind (Inggris), Tamarinier (Perancis), Asam Jawa (Indonesia), Celangi,asem (Sunda); Asem (Jawa)

Kandungan Pada Asam Jawa

Asam jawa sangat bermanfaat bagi kesehatan, itu dikarenakan oleh kandungan yang terkandung didalamnya. Jadi apa saja yang terkandung didalam asam jawa?

Didalam Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pektin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram, hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, vitamin C 2 miligram per 100 gram. Kulit bijinya mengandung phlobatannin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Manfaat asam jawa bagi kesehatan 

Buah yang mempunyai kombinasi rasa asam dan manis ini sering digunakan sebagai alternatif pengobatan di berbagai belahan dunia. Kandungan polifenol pada asam jawa memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan yang dapat membantu mengatasi penyakit tertentu, Berikut ini Manfaat asam jawa bagi kesehatan seperti dilansir dari hellosehat.com.

  1. Memperlancar sistem pencernaan
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Mengelola diabetes
  4. Membantu menurunkan berat badan
  5. Membantu melindungi organ hati

Manfaat asam jawa untuk kesehatan sebenarnya sangat sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mereka percaya bahwa minum jamu atau makan makanan yang mengandung asam jawa dapat meningkatkan kesehatan mereka.

Namun, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan kebenaran tersebut. Jadi jika Anda ragu, cobalah berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *