VPS HOSTING
VPS HOSTING

3 Jenis Kecerdasan Manusia

  • Bagikan
3 Kecerdasan Manusia 3 Jenis Kecerdasan Manusia
Designed by Freepik

Kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi untuk perubahan (stephen hawking). Apakah kamu tahu jika manusia memiliki 3 jenis kecerdasan? dan yang hebatnya lagi setiap ke 3 jenis tersebut mempunyai kemampuan masing-masing yang saling berkaitan. Jadi apa sajakah 3 jenis kecerdasan itu? berikut ini ini:

3 Jenis Kecerdasan Manusia

1. Kecerdasan Intelektual (IQ) 

Intelligence quotients (IQ) adalah kemampuan seseorang untuk menalar, memecahkan masalah, belajar, memahami gagasan, berpikir dan merencanakan sesuatu. Kecerdasan ini digunakan untuk memecahkan masalah yang melibatkan logika.

“Wah keren banget ya dia IQ nya tinggi”

“Dia pasti sukses deh, apalah aku yang IQ nya standar”

Hmm benarkah kesuksesan seseorang ditentukan oleh IQ nya? IQ memang kerap kali dipandang sebagai indikator utama kecerdasan seseorang. Tapi nyatanya banyak contoh membuktikan bahwa IQ tinggi saja tidak menjamin kesuksesan loh, jika tidak dibarengi dengan EQ dan SQ.

2. Kecerdasan Emosional (EQ)

Kebanyakan program pendidikan saat ini memang lebih banyak berpusat pada kecerdasan akal (IQ), padahal diperlukan juga loh bagaimana mengembangkan kecerdasan emosi (EQ), seperti : ketangguhan, inisiatif, optimisme, kemampuan beradaptasi.

Untuk apa sih EQ?
  1. Menghadapi hal-hal yang diluar kendali kita dengan bijak
  2. Menghadapi persoalan dengan tenang
  3. Hubungan sosial yang baik
  4. Berempati
  5. Tidak mudah marah

EQ bisa kita tingkatkan dengan terus berlatih loh, dengan motivasi dan usaha yang benar. Nah, ada 1 lagi yang dapat memfungsikan IQ dan EQ secara efektif

3. Kecerdasan Spiritual (SQ)

Kecerdasan manusia 3 Jenis Kecerdasan Manusia
Freepik

Kecerdasan Spiritual merupakan tingkat yang paling tinggi SQ (Spiritual Quotient) merupakan bentuk kecerdasan yang menghubungkan manusia dengan tuhannya. SQ adalah kecerdasan untuk menempatkan semua hal yang kita lakukan dalam sebuah “makna”.

Kenapa kecerdasan SQ itu penting? karena jika seseorang yang memiliki IQ dan EQ yang baik tetapi tidak mempunyai SQ yang baik, bagaikan sebuah pedang yang sangat tajam yang dipegang oleh penjahat begitupun sebaliknya.

Jadi Apa yang kita dapat dari SQ?
  1. Menjadi raja atas jiwanya sendiri yang bebas merdeka
  2. Memiliki prinsip di dalam diri sehingga tidak terpengaruh oleh lingkungan.
  3. Mendayagunakan segala potensi sesuai dengan tujuan kita diciptakan
  4. Berpikir secara integralistik dengan memahami berbagai kondisi dan situasi lingkungan di sekitar.

Kesimpulan

Penggabungan dan sinergi antara rasionalitas dunia (EQ dan IQ) dan kepentingan spiritual (SQ) akan menghasilkan kebahagiaan dan kedamaian di jiwa. Sekaligus menghasilkan etos kerja yang tinggi tak terbatas. Menjadi aset dan menebar manfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Referensi: 

Agustian, Ary Ginanjar 2001 rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual ESQ.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *