VPS HOSTING
VPS HOSTING

6 Tips Dahsyat Cara Jitu Belajar Otodidak

  • Bagikan
6 Tips Dahsyat Cara Jitu Belajar 6 Tips Dahsyat Cara Jitu Belajar Otodidak
Designed by Freepik

Belajar udah jadi keseharian dalam hidup kita ya, Guys. Mulai dari anak bali hingga orang tua pasti belajar. Dari yang hanya sekedar belajar A-B-C-D sampai belajar tentang memaknai kehidupan. Cara belajar juga macam-macam, salah satunya adalah belajar otodidak. 

Otodidak adalah belajar secara mandiri atau mandiri tanpa ada seseorang lain yang mengajarinya. Belajar otodidak ini dinilai efektif, karena langsung fokus pada bidang yang akan dicapai oleh seseorang tersebut.

Hal ini dikarenakan pengetahuan yang terbatas atau sempit yang diperoleh dari pendidikan formal. Tapi, ternyata banyak loh, Guys. Orang yang ingin belajar secara otodidak tapi merasa kesulitan atau bingung mesti gimana.

Buat kamu atau teman kamu yang pengen belajar otodidak, mimin ada tips-tips keren nih yang bisa memaksimalkan belajar kalian di rumah. Apa saja itu? berikut.

6 Tips Dahsyat Cara Jitu Belajar Otodidak

1. Buat Catatan Jadi Cantik

Salah satu yang jadi penggugah semangat kita adalah kalau catatan ditulis dengan rapi, Genk. Kamu juga bisa loh bikin catatan lebih menarik lagi dengan ngasih highlights dan ditulis dengan tinta warna.

Kalau mau lebih colorfull bisa juga ditambahkan gambar-gambar atau aksesoris kayak stiker dan selotip warna. Dengan begitu kamu akan sering buka catatan dan akan membacanya tanpa sadar.

2. Buat Planning

belajar freepik 6 Tips Dahsyat Cara Jitu Belajar Otodidak

Kamu bisa tulis planning di buku atau yang biasa disebut dengan planner. Dengan begitu, kamu akan gampang mengatur hal-hal yang akan dipelajari selanjutnya setiap harinya. Dengan adanya Planning, kamu juga akan dimudahkan untuk mengevaluasi apa saja yang telah dipelajari sebelumnya.

3. Investasi Waktu Dan Konsisten

Waktu yang kamu punya sama dengan yang orang lain miliki yakni 24 jam dalam sehari. Bermanfaat atau tidaknya tergantung dari bagaimana kamu menginvestasikan waktu yang kamu miliki. Saat berinvestasi dengan waktu, kamu juga mesti konsisten, Genk.

Hayo, inget gak ada kastil yang dibangun dalam semalam, bahkan mie instan aja mesti direbus dulu 3 menit. Ayo semangat!

4. Praktekkan Apa Yang Kamu Pelajari

belajar3 6 Tips Dahsyat Cara Jitu Belajar Otodidak

Sayang dong, kalau kamu hanya mempelajari saja tapi gak di praktekan. Nanti jadi gak ketahuan hasil dari belajarnya bisa maksimal atau enggak. Kamu bisa mulai menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh saat belajar otodidak.

Contohnya, soal matematika yang biasanya kamu selesaikan dalam 5 menit kalau dipraktekan secara terus menerus bisa jadi hanya memakan waktu 1 menit.

5. Tentukan Subjek Yang Ingin Kamu Kuasai

Kamu bisa mulai dari menentukan subjek yang akan dipelajari. Ini akan menjadi hal yang mendasar, karena jika belajar otodidak secara asal-asalan tanpa tahu apa yang akan dipelajari, maka hasil tidak akan maksimal.

Contoh: Kamu mau belajar matematika, berarti kamu harus belajar mengenai rumus, research tentang rumus yang gak dipelajari di sekolah, menghafal dan mempraktekannya terus menerus.

6. Tidak Berhenti Pada Satu Sumber

belajar freepik2 6 Tips Dahsyat Cara Jitu Belajar Otodidak

Sekarang kita dimudahkan banget dengan kehadiran internet untuk mengakses seluruh bidang ilmu pengetahuan. Sayang dong kalau hanya berpatokan pada satu halaman atau satu sumber. Kamu bisa mencari dari sumber-sumber lain, bahkan kalau kesulitan dengan perbedaan bahasa kamu juga bisa dibantu dengan penerjemah yang disediakan oleh mesin pencari contoh nya Google translate.

Nah, itu tadi 6 tips dahsyat cara jitu belajar otodidak, Jadi belajar sendiri gak usah ragu lagi!

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *