Tips Supaya Pikiran Gak Kemana-Mana Saat Shalat

  • Bagikan
shalat Tips Supaya Pikiran Gak Kemana-Mana Saat Shalat
Designed by Freepik

Kamu pernah gak, ketika kamu sedang mengerjakan shalat pikiran kamu kemana-mana. Maksudnya itu, apa aja dipikirin. Bahkan yang sudah kelupaan pun jadi inget, pernah gak? pasti sering banget malahan, ya kan? Mengingat ibadah shalat ini penting, maka kita sebagai umat Islam tidak seharusnya melaksanakan ibadah shalat dengan asal-asalan.

Trus harus gimana donk agar pikiran gak kemana-mana saat shalat? Kita harus mengerjakan ibadah shalat ini dengan ikhlas dan khusyu menghadap Allah SWT. Jangan melaksanakan sholat hanya untuk menggugurkan kewajiban saja

Ada beberapa tips nih supaya pikiran gak kemana-mana saat shalat diantaranya:

1. Sempurnakan wudhu

Jangan buru-buru pas wudhu ya gaes. Biar nanti ketika shalat gak ada perasaan was-was, jadi kamu bisa khusyu dalam shalat.

2. Baca Niat Shalat

Untuk baca niat shalat (tekenin dalam hati) maksudnya sungguh-sungguh dalam berniat, niat kan hanya untuk Allah. Sebelum berniat baca juga ta’awudz.

3. Menghadap Tempat Sujud

Ini juga penting ya gaes. Kalau kita ngadepnya ke depan yang kita lihat bisa apa aja. Mending kalau yang dilihat mukena putih, kalau tulisan-tulisan kan jadinya kebaca.

4. Maknai Setiap Bacaan Dan Gerakan Shalat

Memang memaknai bacaan lebih enak kalau tau artinya ya gaes, tapi kalu gak tau artinya pun usahain tau inti surahnya kaya Al Fatihah misal, ooh ini surah yang mengawali segala kebaikan, terus bacaan takbir, Allah tuh maha besar lebih dari apapun dan seterusnya.

Kalau memaknai gerakan bayangin kalau kita shalat didepan Allah dan para malaikatnya, ketika ruku berarti kita sedang membungkuk dihadapan Allah dan para malaikat, juga ketika sujud dan sambil diresapi bacaannya ya gaes insyaallah berasa lah dan juga bayangin kalau shalat kita itu shalat terakhir dalam hidup kita.

5. Sempurnakan Gerakan Shalat

Harus sempurna dulu gerakannya baru baca do’anya. misalnya gerakan ruku’ maka harus sempurna dulu punggung harus lurus, nah setelah itu baru kalian baca doanya.

6. Rileks Dan Gak Usah Buru-Buru

Rileks aja, pundak dilemesin dan gak usah tegang, santai aja menjalaninya dinikmatin yang terpenting gak usah terburu-buru.

Nah, jadi itulah tips supaya pikiran gak kemana-mana saat shalat. Semoga bermanfaat buat kalian.

  • Bagikan