3 Amalan Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan

  • Bagikan
3 Amalan Kecerasan 3 Amalan Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan
Designed by Freepik

Yuk, tengok ke belakang. Ketika zaman keemasan islam, ketika itu banyak ilmuan-ilmuan masyhur yang di kenal sampai sekarang seperti Ibnu Sina, Al Khawarizmi, Al Farabi, Ibnu Firnas, Al Kindi, Jabir ibn Hayan dll.

Mereka bukan cuma ilmuan ya gaes, mereka hafal dan paham Al Quran, mereka orang shaleh, dari kecil di didik supaya bertaqwa kepada Allah. Itulah kenapa pikiran mereka di buka oleh Allah sehingga bisa melahirkan karya-karya yang sangat terkenal.

Ingin tahu rahasianya gaes? yuk simak 3 amalan ini bisa meningkatkan kecerdasan pada diri kita.

1. Shalat

Pertama shalat, dengan shalat hati menjadi tenang dan kondisi lebih rilex. Inilah kenapa, ketika belajar sehabis shalat kita lebih gampang paham terutama setelah shalat tahajud dan shalat shubuh.

Kok bisa gitu ka? Iya, karena dalah shalat ada gerakan yang bisa mengalirkan darah ke otak lebih sempurna, itu terjadi ketika kita bersujud. Dan menurut pakar neurosains, Prof Taruna Ikrar, menurutnya sujud dapat meningkatkan saturasi oksigen, nutrisi dan elektrolit kedalam fungsi otak.

2. Membaca Al Quran

Menurut penelitian di barat seorang yang hafal Al Quran itu kecerdasannya meningkat 3 kali lipat. Dan Al Quran bisa mempengaruhi kondisi IQ,EQ dan SQ seorang bayi jika diperdengarkan padanya. Sebaliknya jika diperdengarkan kepada orang dewasa dia bakal jadi lebih tenang, lebih rilex. Intinya, pengaruh banget lah sama emosi orang tersebut.

“Dan apabila dibacakan Al Quran, simaklah dengan baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (Q.S.7:204)

3. Puasa

Kok bisa, bukannya kalau lapar jadi lemas dan gak produktif? bisa lah saat kita sedang berpuasa, makanan yang masuk kedalam tubuh akan berkurang. Dengan begini, efeknya kadar darah dan oksigen yang biasa masuk ke pencernaan banyak berkurang.

Lalu, darah dan oksigen itu akan lebih maksimal memasuki bagian-bagian tubuh manusia yang lebih membutuhkan, terutama otak. Nah, karena inilah puasa bisa meningkatkan kinerja otak.

Jadi intinya salah satu cara meningkatkan kecerdasan adalah dengan meningkatkan taqwa kita kepada Allah. Kok ujung-ujungnya jadi beribadah sih? iya memang kaya gitu Al Quran sendiri yang ngasih tau di ujung surah al baqarah ayat 282.

“Dan bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Baqarah 2:Ayat 282)

  • Bagikan