VPS HOSTING
VPS HOSTING

7 Kiat Menjaga Hati Tetap Suci

  • Bagikan
LOVE 7 Kiat Menjaga Hati Tetap Suci
Designed by Freepik

Ternyata manusia itu tidak hanya fisiknya saja yang perlu makan loh, namun hatinya juga butuh. Hati disini buka hati yang menghasilkan empedu yah hehehe, tetapi yang dimaksud yaitu qolbu dimana bila ia baik, maka akan baik juga jasadnya. Seperti yang Rasulullah sabdakan dari Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shalallhu ‘alahi wa salam bersabda,

“ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sekelas Rasulullah saja yang sudah dijamin surga dan dijamin keagungan kualitas iman dan akhlaknya masih takut akan berpaling dari Allah, sampai-sampai Rasulullah shalat qiyamullail hingga kakinya bengkak-bengkak loh dalam durasi waktu yang amat panjang, lalu apa kabar dengan kita yang sangat jauh kualitas imannya ya? Sholat wajib saja masih suka menunda-nunda.

Jadi buat kamu yang ingin menjaga hati tetap suci, ini dia 7 kiat asupan hati agar ia tidak mudah mati atau ketika sedang futur/layu ia bisa segera terobati ya.

1. Mentauhidkan Allah

Ingatlah bahwasannya kita diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah seperti yang Allah firman kan dalam surah Adz-Dzariyat ayat 56 dan ingatlah semua amalan baik bila dilakukan tanpa landasan iman dan tauhid kepada Allah pastilah tidak berguna di akhiratnya. Seperti kisah Abi Thalib paman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

2. Senantiasa Berdoa

Jangan pernah untuk melupakan doa ya, karena jika kita menginginkan sesuatu Allah menyuruh kita agar berdoa kepada -Nya seperti dalam firman-Nya surah Ghafir ayat 60 dan ingatlah bahwasannya hidayah itu hanya milik Allah jadi sangat perlu bagi kita untuk memintanya kepada Allah.

3. Senantiasa Dekatkan Diri Dengan Kalamullah (Al-Quran)

Ingatlah bahwa Al-Quran itu pedoman kita, di dalamnya terdapat banyak petunjuk serta hikmah-hikmah yang tentunya sangat bisa untuk menjadikan kita lebih lurus menjalani hidup insyaallah.

4. Jauhi Maksiat Dan Selalu Isi Jiwa Dengan Ketaatan

Sebisa dan sekuat tenaga mungkin hindari berbuat maksiat ya, jika terbesit atau sempat melakukannya segeralah untuk beristighfar dan bertaubat pada Allah.

5. Menjaga Diri Dari Penyakit Hati

Selalu lah untuk menjaga diri dari segala penyakit hati, seperti hasad, ujub, sombong maupun yang lainnya karena hal ini mampu mematikan hati kamu.

6. Senantiasa Mengingat Kematian

Hal penting bagi seorang hamba menjaga hatinya adalah dengan senantiasa mengingat akan kematian, karena ia akan menyadari bahwa hidupnya itu singkat dan ia bisa mati kapan saja, maka seorang hamba yang sering mengingat kematian ia akan lebih berhati-hati bila ingin melakukan maksiat dan dosa.

7. Bertemanlah Dan Tinggalah Di Tempat Lingkungan Yang Baik 

Hal ini juga sangat mempengaruhi ya, karena 2 faktor di atas amatlah sangat mempengaruhi karakter dan akhlak serta agama seseorang. Jadi selektiflah ya.

Nah jadi ini ya 7 kiat menjaga hati tetap suci, semoga dengan kita mempraktekkannya dalam sehari-hari menjadikan diri kita lebih dekat dengan ketaatan dan malas bila melakukan kemaksiatan. Amin, semoga bermanfaat.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *