VPS HOSTING
VPS HOSTING

Merasa Takut Menikah? 5 Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis

  • Bagikan
married Merasa Takut Menikah? 5 Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis
Designed by Freepik

Pernah gak sih kamu merasakan takut untuk menikah karena bayang-bayangan nanti gak harmonis sama pasanganmu, takut ngurus anak sendiri bagi kamu yang perempuan, takut gak bisa bebas seperti dulu pas masih single dan takut-takut lainnya?

Ketakutan kamu akan menikah bisa hilang kan kok. Berikut ini 5 tips agar rumah tangga selalu harmonis, insyaallah ketakutan kamu akan menikah bisa hilang.

1. Bina Rumah Tangga Dengan Agama

Dengan agama insyaallah rumah tangga akan selalu berkah, mendapat rahmat Allah dan juga insyaallah pasti akan selalu dijaga 

2. Memiliki Banyak Anak

Di antara salah satu kunci keluarga bahagia dan harmonis adalah dengan di karuniakannya anak dalam keluarga tersebut, hal ini akan menambah keceriaan dalam keluarga tersebut karena sifat anak yang lekat dengan permainan, suka bercanda dan ceria. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda

“Nikahilah wanita yang penyayang yang subur punya banyak keturunan karena aku bangga dengan banyaknya umatku pada hari kiamat kelak.”

3. Nafkah Yang Cukup

Di antara kunci keluarga harmonis apabila suami menafkahi istri yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena banyak kasus salah satu faktor suami istri bertengkar dikarenakan permasalahan ekonomi keuangan rumah tangga.

Tapi memaknai cukup disini adalah dengan senantiasa qona’ah yah pada pemberian suami, bersyukur atas segala rezeki yang Allah berikan, tidak berlebihan dan jika ingin lebih lagi selalu berusaha dan jangan pernah lupa untuk berdoa pada Allah itu Maha Kaya dan Maha Pemberi Rezeki kok.

4. Saling Memahami Kewajiban Masing-Masing

Hal ini tentu akan sangatlah meminimalisir penyebab masalah pasangan sering bertengkar dan jadinya keluarga tidak harmonis. Pernah di tanyakan kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam,

“Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. An-Nasai)

5. Tidak Bermudah-Mudah Meminta Cerai

Walaupun cerai diperbolehkan namun Allah sangat membenci perilaku tersebut. Maka dari itu jangan pernah sebagai istri bermudah-mudahan meminta cerai bila hanya karena masalah kecil, apalagi bila telah dikaruniai anak, karena ini akan sangat berdampak pada anak serta pertumbuhannya.

Jadi kunci terpenting dalam rumah tangga agar selalu harmonis sebenarnya adalah dengan mengikuti jalan Rasulullah, pola hidup yang telah dicontohkan Rasulullah, sunnah-sunnah Rasulullah, taat kepada Allah, serta jauhi maksiat. Insyaallah dengan ini rumah tangga bisa harmonis, rukun, berkah dan insyaallah until jannah.

Untuk itu jangan pernah malas menimba ilmu syar’iyah, semoga kelak Allah selalu memberikan kita rumah tangga yang demikian.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *