VPS HOSTING
VPS HOSTING

3 Hal Penyebab Insomnia Dan Mengatasinya

  • Bagikan
insomnia 3 Hal Penyebab Insomnia Dan Mengatasinya
Foto: Freepik

Insomnia adalah gangguan tidur yang dialami oleh seseorang, baik itu anak muda maupun dewasa pasti pernah mengalami penyakit yang satu ini. Namun hati-hati, kondisi insomnia bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Dampak jika seseorang mengalami insomnia adalah akan merasa ngantuk di siang hari, mudah tersinggung atau marah dan sulit konsentrasi. Tentunya hal tersebut mengganggu kelancaran menjalan aktivitas harian.

Tahukah kamu penyebabnya insomnia itu? Oke jika kamu belum tahu, mari simak berikut 3 hal penyebab insomnia diantaranya:

1. Mental Breakdown

Ketika seorang merasakan mental breakdown, mereka akan mengalami hal-hal seperti sulit berkonsentrasi, moody, halusinasi, berniat untuk melukai diri sendiri dan kerap kali berpikir diabaikan dan tidak diharapkan kehadirannya.

Hal-hal tersebut akhirnya menimbulkan stress yang berlebihan. Sehingga tidak dapat berpikir dengan tenang yang membuat sulit tidur.

2. Terlalu Memikirkan Masa Depan

Sebenarnya suatu hal yang baik jika kita sudah menyusun rencana masa depan. Namun menjadi kurang baik jika terlalu menaruh rasa khawatir yang berlebihan, seperti terlalu berfokus menerka nerka apa yang akan terjadi di masa depan daripada menjalankan apa yang sudah direncanakan. 

3. Tidak Bisa Memaafkan Masa Lalu

Kita mungkin sudah sering mendengar kalimat bijak “sebelum menyambut hari esok, maka maafkan kejadian hari ini”. Hidup kita akan sulit mendapat ketenangan jika masih menyimpan dendam pada masa lalu.

Dendam itulah yang kerap kali membuat diri sendiri menjadi gelisah yang kadang sulit dijelaskan. Sehingga menyebabkan insomnia.

Memang benar penyebab insomnia itu bermacam-macam. Beberapa diantaranya yang sudah dijelaskan oleh mimin di atas, seperti mental breakdown, terlalu memikirkan masa depan dan tidak bisa memaafkan masa lalu.

Tips Untuk Mengatasi Insomnia

Beberapa di antaranya yakni, kenali penyebab utama mengapa insomnia bisa kamu alami. Jika karena ritme tidur mu yang menjadi masalah utama, maka ubahlah. Bangunlah di pagi hari dan awali dengan meditasi dan olahraga.

Lanjutkan dengan kegiatan yang bermanfaat, menyenangkan dan mendukung produktivitas mu. Semoga malam ini kamu bisa tidur nyenyak.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *