VPS HOSTING
VPS HOSTING

Tips Menjaga Komunikasi Agar Efektif

  • Bagikan
komunikasi Tips Menjaga Komunikasi Agar Efektif

Jangan hanya berfokus pada apa yang Kamu katakan, karena saat Kamu hanya berfokus pada apa yang sedang dikatakan, itu artinya Kamu tidak benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan komunikasi.

Komunikasi yang efektif terjadi saat Kamu mampu menyampaikan dan menerima pesan dengan baik saat berhubungan dengan orang lain, maka dari itu dibutuhkan lah upaya menjaga komunikasi.

Keberhasilan komunikasi juga sangat ditentukan dengan kemampuan lisan dan non-verbal seseorang saat sedang berkomunikasi. Seperti halnya tips berikut ini:

1. Berani Mengambil 2 Peran

Yakni pendengar yang baik dan aktif berbicara. Artinya, bisa sama-sama memposisikan diri, kapan harus menjadi pendengar dan kapan harus memulai pembicaraan. Karena semua orang butuh didengar dan semua orang berhak berbicara.

2. Berani Untuk Mengajukan Argumentasi

Jika kamu merasa ada yang meresahkan hatimu, ada yang membuatmu curiga, maka utarakanlah dengan nada yang tidak menuduh. Ajukan argumentasimu dan mulailah diskusi.

3. Jangan Suka Mengambil Kesimpulan Sendiri

Inilah fungsi dari komunikasi sesungguhnya, yakni menyamakan persepsi. Jika kita mau mengambil sebuah kesimpulan, perlu sekali menyamakan persepsi. Terkadang bagi kita sudah jelas, namun bagi orang lain belum tentu.

4. Seimbangkan Antara Obrolan Serius Dan Humor

Kurang baik, jika setiap waktu kamu membicarakan obrolan yang serius. Sesekali ngobrol tentang humor juga meringankan beban.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *