VPS HOSTING
VPS HOSTING

6 Wisata Candi Di Malang

  • Bagikan
6 wisata candi 6 Wisata Candi Di Malang

Kawasan Malang raya banyak dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai pusat pendidikan dan pusat wisata. Namun banyak yang belum tahu kalau di Malang juga terdapat berbagai macam candi loh.

Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa dahulu Malang merupakan pusat pemerintahan kerajaan Singasari. Kerajaan Singosari sendiri merupakan kerajaan pecahan Kediri yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M. Kerajaan Singasari sendiri merupakan kerajaan Hindu dan ini juga mempengaruhi arsitektur candi pada saat itu.

Jadi tak hanya pusat pendidikan dan wisata saja yang harus kalian tau, kalian pun harus tahu bahwa ada tempat wisata candi di Malang. Apa saja itu? Berikut ini 6 Wisata Candi di Malang yang wajib kamu dikunjungi

1. Candi Singosari

Candisingosari 6 Wisata Candi Di Malang

Candi yang pertama adalah Candi Singosari yang terletak di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, sekitar 9 km dari Kota Malang ke arah Surabaya. Menurut informasi, candi ini ditemukan pada sekitar awal abad 18 (tahun 1800-1850) oleh orang Belanda dengan sebutan Candi Menara. Candi ini juga dikenal dengan sebutan Candi Cungkup. Kedua nama ini menunjukan bahwa Candi Singosari adalah candi yang paling tertinggi pada masanya.

2. Candi Jago

Candi Jago 6 Wisata Candi Di Malang

Terletak di Desa Jago Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Candi Jago yang memiliki nama lain Jayaghu ini didirikan sekitar abad ke 13 pada masa kerajaan Singosari dengan panjang 23,1 m, lebar 14 m dan tinggi 9,97 m.

Awalnya dibangun sebagai makam raja Singasari, yaitu Raja Wisnuwardhana. Kini candi ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Malang.

3. Candi Kidal

Candi Kidal septii aditya 6 Wisata Candi Di Malang
@septii_aditya

Terletak di Desa Rejo Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Candi yang dibangun pada tahun 1248 M, setelah upacara pemakaman Sradha untuk Raja Anusapati dari Kerajaan Singasari. Tujuan pembangunan candi ini adalah untuk mendarmakan Raja Anusapati, agar sang raja mendapat kemuliaan sebagai Siwa Mahadewa.

4. Candi Sumberawan

Candi Sumber awankingstevengerrard 6 Wisata Candi Di Malang
@kingstevengerrard

Terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini merupakan situs peninggalan kerajaan Singosari yang hanya berjarak kurang lebih 6 km dari Candi Singosari. Sering disebut juga sebagai Candi Rawan, karena letak candi yang berada di tepi rawa dengan mata airnya yang selalu mengalir sepanjang tahun.

Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1904 dimana kemudian pada tahun 1935 diadakan kunjungan oleh peneliti dari Dinas Purbakala.

5. Candi Badut

Candi Badut zainahilmi 6 Wisata Candi Di Malang
@zainahilmi

Candi yang kelima ini berdiri diatas tanah seluas 2808 m2. Candi Badut merupakan candi tertua di Jawa Timur yang didirikan pada tahun 760 M. Terletak di desa Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Candi ini ditemukan oleh EW Maureen Brecher pada tahun 1991. Awalnya candi tersebut tertimbun tanah dan ditumbuhi oleh pohon besar di tengah-tengah sawah. Usia candi ini diperkirakan berusia lebih dari 1400 tahun.

6. Candi Jawar

Candi Jawarubil.achmad 6 Wisata Candi Di Malang
@ubil.achmad

Candi jawa ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindu-Budha yang terletak di Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi ini ditemukan oleh penduduk sekitar tahun 1983 dan pada saat itu dalam keadaan terpendam di dalam tanah, penduduk setempat menyebut Candi ini dengan Jawar Ombo.

Candi yang terakhir ini bisa kalian kunjungi bersama keluarga, sahabat maupun pasangan. Selain itu di candi ini menawarkan pemandangan yang sejuk dan asri jauh dari hiruk pikuk kepadatan Kota Malang.

Nah, gimana Genk dengan 6 wisata candi di Malang ini apakah sudah siap untuk mengunjunginya? Kalo belum yuk persiapkan waktunya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *