VPS HOSTING
VPS HOSTING

5 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Di Malang

  • Bagikan
5 fakta menarik masjid tiban 5 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Di Malang

Masjid Tiban Malang merupakan salah satu masjid cukup Megah yang berada Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur 65175. Fakta menarik dari keMegahan tersebut bahwa Masjid ini dibuat tanpa memiliki arsitek loh.

Dibalik keindahannya Masjid ini memiliki nilai-nilai yang tinggi, baik dari segi bangunan maupun arsitekturnya. Ingin tahu mengenai hal menarik lainnya dari Masjid yang satu ini? Kalau begitu yuk kita simak 5 fakta menarik dari Masjid Tiban di Malang berikut.

1. Arsitek

masjid tiban malang 3 5 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Di Malang

Bicara tentang arsitek dari Masjid Tiban ini, kalian pasti berprasangka bahwa arsiteknya dari luar negeri. Atau lulusan perguruan tinggi yang terkenal. Padahal yang menjadi arsitek adalah Romo KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al Mahbub Rahmat Alam yang bukan lulusan perguruan tinggi arsitek.

Beliau hanya melakukan sholat istikharah, dan mendapat petunjuk untuk mendesain bangunan Masjid Tiban ini. Hemm, oleh sebab itulah arsitek Masjid Tiban ini merupakan keajaiban.

2. Lama Pembangunan

masjid tiban 2 5 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Di Malang

Oh ya, untuk yang kedua ini adalah mengenai durasi pembangunan yang sangat lama. Gak gampang loh ternyata, untuk para tukang atau para pembangun tetap istiqomah dalam membangun sebuah gedung atau masjid.

Ternyata Lama pembangunan Masjid ini sekitar 30 tahunan. Wah, lama banget yak. Nah, oleh sebab itu banyak juga yang mengatakan ini merupakan keajaiban, menarik banget kan guys?

3. Gaya Arsitekturnya

masjid tiban 4 5 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Di Malang

Perihalnya Gaya Arsitektur pembangunan ini merupakan empat perpaduan yaitu, gaya Turki, Mesir, India, dan Rusia. Tak mudah untuk menerapkan empat gaya arsitektur tersebut. Dan ini merupakan keajaiban yang membuat menarik konsep bangunannya campur aduk namun bernilai seni tinggi.

4. Memiliki Fasilitas Lengkap

masjid tiban turen 2 5 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Di Malang

Dari 10 lantai, lantai 1 merupakan tempat istirahat dan mushola, lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan dan dapur, lantai 3 berisi mushola, akuarium dan kebun binatang mini. Sedangkan lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh pondok, lantai 5 terdapat mushola, lantai 6 merupakan ruangan istirahat untuk santri, lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios-kios, lantai 9 merupakan banguan yang didesain sebagai lereng gunung dan lantai 10 adalah gua dan juga ialah puncak gunung.

5. Wisata Religi Favorit Di Jawa Timur

masjid tiban turen 5 Fakta Menarik Dari Masjid Tiban Di Malang

Masjid yang berfungsi sebagai pesantren ini juga sering dikunjungi para wisatawan. Karena sejarah Masjid Tiban Malang yang unik, membuat banyak orang penasaran untuk datang kesini. Masjid ini sempat mendapat isu karena dibangun oleh jin dalam semalam, tapi kabar ini ternyata hanya isapan jempol semata.

Menurut pengakuan warga sekitar, jin yang dimaksud adalah para santri dari pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang lokasinya berada satu kawasan dengan Masjid Tiban Turen.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *