VPS HOSTING
VPS HOSTING

Cara Realistis Dalam Menolong Orang

  • Bagikan
Cara Realistis Dalam Menolong Orang Cara Realistis Dalam Menolong Orang

Menolong itu memang jelas adalah perbuatan yang baik. Karena kita ini kan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Kita tidak bisa hidup sendirian di dunia ini. Tapi kamu harus ingat bahwa menolong itu juga harus realistis.

Realistis yang seperti apa? Dalam menolong orang Ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan. Note: “Menolong disini bukan dalam konteks sosial dan menyelamatkan nyawa seseorang ya.”

1. Tolonglah Orang Yang Memang Mau Ditolong

Mungkin maksudmu memang baik dan kamu peduli. Tapi kenyataannya, tidak semua orang mau ditolong. Ada beberapa orang yang tidak mau ditolong, bisa jadi karena mereka memang tidak merasa butuh pertolongan atau karena mereka memang masih ingin berusaha sendiri atau mungkin ada alasan lainnya.

Cukup tawarkan bantuan, jika mereka menolak, terima lah dan hargai segala keputusannya.

2. Menolong Bukan Berarti Mengambil Alih 100% Tanggung Jawabnya

Kalau kamu mengambil alih 100% tanggung jawabnya dan dilakukan terus-menerus, menurutmu apakah baik baginya untuk jangka panjang?

Menolong yang seperti ini bisa membuat mereka jadi “Ketergantungan”. Membuat mereka jadi tidak bisa berdiri di kaki sendiri dan terus mengendalikan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya.

3. Jangan Lupa Untuk Menolong Dirimu Sendiri

Kamu harus ingat bahwa kamu juga punya kehidupan sendiri. Dan kamu bertanggung jawab penuh untuk memikirkan dan merawat hidupmu sendiri. Kalau kamu sendiri sakit dan terluka, bagaimana kamu bisa menolong orang lain secara total?

Jadi, jangan lupa untuk memberikan dirimu waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri sendiri. Berikanlah pertolongan secara tulus dan ikhlas. Tanpa mengharapkan imbalan. Tanpa mengharapkan pengakuan.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *