VPS HOSTING
VPS HOSTING

Introvert Tetap Jago Public Speaking, Kenapa Tidak?

  • Bagikan
Introvert Introvert Tetap Jago Public Speaking, Kenapa Tidak?

Siapa bilang orang introvert nggak bisa punya skill komunikasi yang bagus? Kemampuan public speaking nggak cuma bisa dimiliki oleh orang-orang ekstrovert, kok! Semua bisa memilikinya asalkan mau belajar dan berlatih.

Introvert bukan lah kekurangan. Nggak suka keramaian belum tentu nggak bisa punya kemampuan public speaking yang bagus. Dan berikut ini lima tips public speaking untuk kamu yang Introvert.

1. Persiapkan Topik Pembahasan Dengan Detail

Persiapan bahasan yang matang dan detail akan membuatmu lebih percaya diri, hal ini karena kamu tahu apa saja yang harus disampaikan.

2. Latihan Berbicara Di Depan Kaca

Practice makes perfect! Semakin sering berlatih akan membuatmu mengetahui banyak kemungkinan yang akan terjadi, kemudian bisa membuatmu makin mudah mengatasi ketika hal itu terjadi. Jadi persiapkan segala hal dengan baik.

3. Jika Mau, Selipkan Cerita Pribadi

Jika kamu memiliki cerita yang nyambung dengan topik pembahasan, maka kamu bisa menghemat waktu menghafal materi dan bisa membuat pembahasan jadi lebih realistis.

4. Berdamailah Dengan Rasa Gugup

Jangan tutupi rasa gugup mu, tunjukkan saja kepada penonton dan sampaikan bahwa kamu gugup. Hal ini akan membuatmu sedikit lebih lega dan penonton pun akan lebih maklum dengan keadaanmu.

Saat merasa gugup, fokuslah kepada materi dan pembahasan bukan kepada penonton.

5. Jangan Takut Dengan Penonton

Anggaplah penonton adalah orang yang clueless dan setara dengan kamu, dan mereka akan menerima apapun yang kamu sampaikan kepada pikiran terbuka.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *