VPS HOSTING
VPS HOSTING

Cara Menjalin Hubungan Persahabatan Yang Baik

  • Bagikan
Persahabatan Yang Baik Cara Menjalin Hubungan Persahabatan Yang Baik
Designed by Freepik

Sebagai makhluk sosial, merupakan hal yang penting bagi kita untuk membangun dan menjaga persahabatan dan hubungan yang baik dengan orang lain. Hubungan persahabatan dapat membawa kegembiraan, rasa kebersamaan, dan perkembangan diri yang baik.

Dengan kata lain, persahabatan yang baik merupakan hubungan berkualitas – koneksi yang bertahan lama, positif, dan saling timbal balik.

Biasanya, hubungan persahabatan terjalin disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adanya kesamaan minat, prinsip, kedekatan jarak, memiliki pengalaman yang sama, atau melalui hal-hal, kesulitan yang juga serupa.

Di dalam sebuah persahabatan, kualitas ikatan (bonding) dari hubungan tersebut merupakan hal yang paling penting. Namun, bukan berarti frekuensi kontak dianggap tidak penting. Frekuensi kontak juga merupakan hal yang berperan besar dalam hubungan persahabatan kita.

Oleh karena itu, pastikanlah kita menyediakan waktu untuk mengontak sahabat kita, menjalin hubungan guna menguatkan ikatan persahabatan tersebut. Prioritaskanlah orang-orang terdekat yang kita percaya, dapat diandalkan, serta menimbulkan perasaan positif dalam diri kita.

Jadi, mengapa sangat penting untuk memprioritaskan dan memperkuat ikatan persahabatan kita?

Persahabatan tidak terjadi secara otomatis. Sebuah hubungan persahabatan membutuhkan niat (intention), waktu (time), dan usaha (effort). Agar dapat memenuhi aspek-aspek tersebut dan menjalin hubungan persahabatan yang baik, apa saja sifat yang perlu dimiliki dan dibangun?

1. Kejujuran Dan Kepercayaan

Kejujuran dan dapat dipercaya merupakan hal mendasar yang penting dimiliki dalam setiap hubungan interpersonal. It’s a make or break element in any relationship. Dalam hubungan persahabatan, penting untuk selalu saling terbuka tentang perasaan dan pandangan masing-masing.

Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu juga terbuka. Jika sulit dan belum terbiasa, kamu dapat memulainya lebih dahulu. Explain how their action made you feel, invite them to do the same. Hal ini dapat sekaligus menjadi refleksi bagi satu sama lain.

2. Dapat Diandalkan Dan Loyal

Dapat diandalkan dan loyal berarti kalian siap untuk selalu ada bagi satu sama lain, secara konsisten saling meluangkan waktu, serta berkomitmen dalam menjalankan apa yang dijanjikan. Hal ini merupakan pilar yang menyokong sebuah koneksi berharga dalam jangka waktu panjang.

3. Empati

Empati, sebuah kemampuan untuk menempatkan diri di posisi orang lain, mendengarkan dengan baik dan aktif, memahami apa yang terjadi, bagaimana perasaan lawan bicara kita, serta mampu merespon dengan baik. Empati juga berarti non-judgemental, bagaimana kalian saling menghargai pendapat dan pilihan teman meskipun berbeda dari diri sendiri.

Dengan adanya empati dan perhatian dalam sebuah hubungan persahabatan, maka individu yang terlibat akan merasa nyaman dalam mengkomunikasikan pikiran, perasaan, dan pengalamannya secara mendalam.Jadilah orang yang suportif untuk orang lain, di saat buruk dan saat baik. Iri dan kepahitan bisa membatasi dan menghancurkan persahabatan kamu.

4. Pengaruh Yang Baik

Teman yang baik menginspirasimu untuk selalu bertumbuh sesuai dengan potensi diri, menjadi lebih baik. Teman yang baik juga selalu mengingatkan akan hal-hal buruk dan mengarahkan, menemani perjalanan temannya menuju the best version of themselves.

5. Saling Menghormati

Teman yang baik tidak meminta dan menuntut untuk mengutamakan dirinya ataupun persahabatan kalian, apalagi jika bertentangan dengan prinsip diri yang dimiliki. Teman yang baik tidak akan membuatmu berkompromi soal prinsip dasar yang kamu pegang teguh, atas nama persahabatan.

Mereka akan mendukungmu, serta mencari alternatif solusi atas permasalahan / konflik yang terjadi dan tidak serba menang sendiri, apalagi merugikan satu sama lain.

So, setelah mengetahui berbagai hal yang diperlukan untuk membangun hubungan persahabatan yang baik, apakah kamu dan teman kamu mampu menjalin persahabatan yang baik?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *