Inilah Dampak Jika Semua Keinginan Sang Anak Selalu Dituruti

  • Bagikan
Keinginan Sang Anak Inilah Dampak Jika Semua Keinginan Sang Anak Selalu Dituruti

Tidak selamanya orang tua harus menghindari kata tidak dan jangan pada Sang Anak. Mengeluarkan kedua kata tersebut memang bukan perkara mudah bagi sebagian orang tua, apalagi jika anak berekspresi dengan muka memelas. Kedua kata tersebut merupakan bagian dari pola asuh anak yang positif untuk membangun mentalnya di masa depan.

Kata tidak dan jangan akan mengajarkan Sang Anak mengenai prioritas, sehingga mereka dapat mengetahui mana yang hanya keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan. Jika apapun keinginan Sang Anak selalu dipenuhi, berikut bahaya menuruti keinginan anak apabila dilakukan secara terus-menerus.

1. Anak Bisa Jadi mengalami Masalah Kesehatan

Anak bisa saja mengalami sejumlah masalah kesehatan jika orang tuanya selalu menuruti semua keinginannya untuk mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang tidak sehat, sehingga anak sulit menerapkan kebiasaan makan sehat.

Baca juga:  Anak Suka Berteriak? Jangan Dimarahi, Begini Cara Menangani Yang Benar

Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin anak akan mengalami obesitas di kemudian hari yang dapat mengganggu kesehatannya.

2. Anak Memiliki Sifat Materialistis dan Tidak Menghargai

Jika apapun keinginan anak selalu terpenuhi, seperti membeli barang apapun yang mereka inginkan, hal tersebut dapat meningkatkan risiko anak memiliki sifat materialistis dan tidak menghargai sesuatu yang menjadi miliknya.

Anak akan sulit untuk membedakan mana hal yang diinginkan dan yang dibutuhkan saat dewasa nanti.

3. Anak Sulit Mengambil Keputusan

Dampak jangka panjang dari kebiasaan orang tua yang selalu menuruti keinginan anak adalah mereka menjadi sulit mengambil keputusan. Sulit mengambil keputusan mulai dari hal terkecil, atau keputusan penting yang nantinya akan mempengaruhi hidupnya, seperti menentukan pasangan hidup.

Baca juga:  5 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Tidak Kasar Terhadap Perempuan

4. Anak Sulit Mengikuti Aturan

Anak tidak akan selalu berada dilingkungan keluarga. Ada saatnya mereka pergi ke sekolah atau tempat lainnya. Jika orang tua selalu menuruti semua keinginannya, bukan tidak mungkin anak akan cenderung sulit untuk mengikuti peraturan yang berlaku dimanapun mereka berada.

Memiliki anak yang riang dan bahagia merupakan cita-cita orang tua. Namun, tidak harus dilakukan dengan selalu menuruti keinginannya apalagi keinginan tersebut diluar batas yang bersifat memaksakan keadaan.

Meski sulit untuk menolak keinginan anak, sebagai orangtua Anda perlu menyadari bahwa cara bersikap akan mempengaruhi pembentukan karakter pada anak di kemudian hari. Sebaiknya Anda menjelaskan baik-baik dengan bahasa yang lugas dan dengan intonasi nada yang lembut.

Baca juga:  7 Tips Tetap Dekat Dengan Anak Meski Anda Sibuk Bekerja

Jelaskan pada anak mengenai konsep skala prioritas, hak, serta tanggung jawabnya. Awalnya anak akan marah dan memberontak. Jika hal tersebut terjadi, Anda hanya perlu tegas, sehingga anak akan belajar dengan sendirinya bagaimana cara mengendalikan emosi dan mengerti jika tidak semua keinginan dapat dipenuhi.

  • Bagikan