Kamu Gampang Menangis? Ini 4 Maknanya Dari Sisi Psikologi

  • Bagikan
Gampang Menangis Kamu Gampang Menangis? Ini 4 Maknanya Dari Sisi Psikologi

Menangis merupakan salah satu respon tubuh terhadap keadaan emosional. Menangis sering dilihat sebagai tanda kelemahan tapi ada juga yang menganggap, hanya mereka yang pemberani yang menunjukkan air mata mereka.

Tak diketahui banyak orang, menangis ternyata memiliki banyak efek positif terhadap kesehatan. Nah, apabila kamu tipe orang yang gampang menangis, berikut empat maknanya dilihat dari sisi psikologi.

1. Menangis Membuatmu Jadi Orang Yang Lebih Baik Dan Teman Yang Lebih Baik

Ketika kamu merasa sedih, kamu bisa meminjam bahu seseorang sebagai tempat bersandar untuk menangis. Saat kamu menangis, kamu akan melepaskan semua rasa sakit dan membuka dirimu pada orang yang kamu pinjam bahunya.

Meminjamkan bahu pada seseorang berarti ia seseorang yang dapat memahamimu. Hal yang sama terjadi sebaliknya saat kamu yang meminjamkan bahu.

2. Menangis Adalah Tanda Kalau kamu Tidak Takut Mengungkapkan Perasaanmu

Kehilangan seseorang yang dicintai, stress, kemarahan, kebencian, kesedihan, masalah kesehatan atau bahkan lagu dan film yang sedih adalah faktor-faktor yang menjadi alasan kamu rentan menangis.

Dengan menangis, itu membuatmu mudah diterima orang-orang disekitarmu. Itu juga membuatmu siap untuk menghadapi semua ketakutan dari perasaan-perasaan tersebut.

3. Pertanda Dapat Mengendalikan Dan Menangani Stress

Membiarkan air mata jatuh di setiap situasi bagus, justru merupakan pertanda kalau kamu mampu untuk mengendalikan diri. Stress butuh pemurnian, stress harus dilepaskan ketimbang ditahan dan menimbulkan dampak psikologis. Dan menangis adalah cara untuk menanganinya.

4. Menangis Berarti Kamu Orang Yang Kuat

Ada kalanya kita berada di titik yang begitu lemah dan putus asa dimana kita cenderung bersembunyi. Kita bersembunyi untuk menyembunyikan rasa sakit dan sedih tak memperdulikan apa yang dikatakan atau dipikirkan orang terhadapmu. Kita mencoba berpura-pura selalu terlihat kuat yang justru menyakiti diri sendiri.

Orang-orang yang membiarkan air mata mereka jatuh dengan mudah justru merupakan orang yang kuat. Menangis justru menandakan mereka memiliki kendali atas emosi mereka. Sangat tidak sehat untuk menahan air mata dan tidak menangis sama sekali.

  • Bagikan