VPS HOSTING
VPS HOSTING

6 Cara Membangun Self Love

  • Bagikan
Self Love 6 Cara Membangun Self Love

Self love merupakan fondasi dasar yang wajib dimiliki oleh semua orang, baik perempuan maupun laki-laki. Kenapa? karena kalau kamu saja tidak bisa mencintai diri kamu sendiri, bagaimana orang lain bisa mencintai kamu? Dan kalau kamu sendiri tidak bisa mencintai diri kamu sendiri, kamu juga tidak akan bisa sepenuhnya mencintai orang lain. 

Kenyataannya, membangun self love itu tidak semudah yang dibayangkan. Butuh proses yang tidak sebentar dan banyak alur naik turunnya. Aku juga sendiri pernah terpuruk, merasa tidak berharga dan kesulitan mencintai diri sendiri.

Hingga mencoba mencari cinta dari luar. Dan nyatanya itu semua percuma, kalau diri sendiri saja belum bisa aku cinta. Tapi, tak mudah bukan berarti tak bisa. Jadi bagaimana cara membangun self love?

Kenali Dirimu Sendiri

Orang seringkali tidak bisa mencintai diri sendiri karena dia tidak tahu apa yang bisa dia cintai dari dirinya itu. Dia tidak cukup kenal dengan dirinya sendiri. Ingat:tak kenal maka tak sayang.

Ada point utama yang perlu kita ketahui dalam mengenal diri sendiri. Nah, ada 6 cara yang bisa kita lakukan untuk membangun self love berikut diantaranya:

1. Terima Diri

Setelah kamu sudah kenal dengan diri kamu sendiri, saatnya kamu untuk menerima diri apa adanya. Semuanya: fisik kamu, masa lalu kamu, kondisi keluargamu, kelebihan kamu, termasuk kekurangan kamu.

Jangan fokus pada kekurangan kamu, tapi fokuslah pada hal-hal positif yang kamu punya. Syukuri kelebihanmu. Ubah yang bisa kamu ubah jika memang tidak bisa, maka terima lah.

2. Maafkanlah Diri Sendiri

STOP judging yourself negatively! Kita sering kali tanpa sadar bersikap terlalu keras terhadap diri sendiri. Cobalah untuk bersikap lebih baik terhadap diri kamu sendiri. Maafkanlah setiap kesalahan yang pernah kamu buat dan ambil pelajarannya.

Kalau kamu terus-terusan mengkritik dan menyalahkan diri sendiri, kamu tidak akan pernah bisa mencintai diri kamu sendiri.

3. Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Kalau membandingkan diri yang akhirnya bisa memberikan motivasi positif sih tidak masalah. Tapi seringkali, membandingkan diri malah memberikan dampak yang negatif. Setiap orang itu berbeda, setiap orang itu punya perjalanan hidup sendiri, keunikan sendiri, dan waktunya sendiri untuk bersinar.

Percayalah, akan ada waktunya untuk kamu bersinar selama kamu terus berusaha, tidak menyerah dan tidak diam di tempat.

4. Selektif Dalam Memilih Teman

Bertemanlah dengan mereka yang menerima dan mendukung kamu, bukan dengan mereka yang suka mencela. Terimalah kritik yang membangun, jangan dengarkan kritik yang menjatuhkan.

Dengan berada dilingkungan yang positif, maka pola pikirmu juga akan berubah menjadi positif.

5. Praktikkan Self Care

Lakukan apa yang kamu sukai, yang positif dan yang bermanfaat. Jangan terlalu memusingkan apa kata orang, selama apa yang kamu lakukan tidak menyakiti atau merugikan orang lain.

Tidur yang cukup, olahraga, lakukan aktivitas di luar ruangan, pergi traveling dan makan makanan yang sehat. Hal-hal ini bisa membangkitkan energi positif. Intinya buat dirimu bahagia.

6. Tingkatkan Spiritualitas

jangan lupa untuk terus mendekatkan diri dengan Tuhan. Perbanyak doa dan bersyukur kepada Tuhan. Juga berbuat lah kebaikan, berdoa dan menebar kebaikan akan membuat hati damai.

Ketika hatimu damai, rasa bahagia akan muncul. Dan segala pikiran dan emosi negatif akan terganti dengan emosi-emosi yang positif.

Itulah 6 cara untuk membangun self love. Coba dipraktekkan ya!

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *