VPS HOSTING
VPS HOSTING

6 Poin Utama Dalam Mengenal Diri Sendiri

  • Bagikan
Mengenal Diri Sendiri 6 Poin Utama Dalam Mengenal Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri merupakan titik awal bagi kita untuk bisa menerima dan menjadi diri sendiri. Ketika kita tidak mengenal diri sendiri, kita akan mudah merasa galau, bimbang dan kehilangan arah dalam hidup.

“Aku belum kenal dengan diriku sendiri”, Mungkin banyak dari kita yang mengucapkan kalimat ini. Kita adalah sosok yang paling dekat dengan diri ini. Tapi, mengenali diri sendiri juga terasa begitu sulit.

Sedangkan mengenal diri sendiri adalah titik awal untuk kita bisa menerima dan mencintai diri sendiri. Ada 6 poin utama yang perlu kita ketahui dalam mengenal diri sendiri. Apa saja itu? Yuk, simak berikut diantaranya:

1. Nilai Diri

Nilai diri ini mencakup hal-hal seperti pandanganmu tentang definisi kesuksesan, kecantikan, kesehatan dan kebahagiaan. Bagaimana kamu memandang arti hidup, kemanusiaan dan sejenisnya. Apa yang bisa kamu tolerir dan tidak.

Nilai-nilai diri yang kamu anut ini biasanya akan menjadi alasan dan motivasi atas setiap hal yang kamu lakukan dan kerjakan.

2. Minat

Apa yang menarik minatmu? Apa bakatmu? Apa passionmu? Beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan kepada dirimu sendiri:

  • Apa yang membuatmu merasa tertarik?
  • Apa yang membuatmu selalu merasa ingin tahu?
  • Apa aktivitas yang suka kamu lakukan?
  • Apa aktivitas yang bisa kamu kerjakan dengan baik?

3. Temperamen dan Kepribadian

Apakah temperamenmu sanguinis. koleris, melankolis atau plegmatis? Apakah kamu tipe pribadi yang ekstrovert atau introvert? Apakah kamu menyerap informasi berdasarkan fakta atau intuisi? Apakah kamu membuat keputusan lebih berdasarkan logika atau perasaan? Apakah kamu tipe orang yang terencana atau spontan?

4. Jam Biologis

Apakah kamu seorang morning person atau night person? Setiap orang memiliki jam biologisnya sendiri-sendiri. Coba kamu perhatikan, kapankah waktu terbaik untuk kamu bisa beraktivitas secara maksimal? waktu ketika kamu merasa butuh dan pikiranmu berada dalam kondisi terbaik.

5. Tujuan Hidup

Apa yang menjadi tujuan hidupmu? Apa yang ingin kamu capai dalam hidup ini? Tujuan hidup tentu akan selaras dengan nilai diri yang kamu punya. Coba renungkan apakah peristiwa yang paling berkesan, penting atau meninggalkan makna paling dalam selama hidupmu.

Peristiwa itu mungkin bisa membantumu untuk mengetahui apa yang menjadi tujuan dari hidupmu.

6. Kekuatan dan Kelemahan

Kekuatan di sini bukan cuma soal bakat dan skill saja, tapi juga termasuk kekuatan karakter. Misalnya, apakah kamu orang yang setia, pantang menyerah, selalu mau belajar, punya mindset positif, kecerdasan emosi, dll.

Kamu juga perlu mengetahui apa yang menjadi kelemahanmu supaya kamu tahu apa saja yang perlu kamu tingkatkan dari diri kamu.

Itulah 6 poin utama dalam mengenal diri sendiri. Yuk, kita sama-sama mulai belajar mengenal dan memahami diri kita sendiri!

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *