Kesehatan : Investasi Jangka Panjang Yang Sering Terlupakan

  • Bagikan
Kesehatan Kesehatan : Investasi Jangka Panjang Yang Sering Terlupakan

Gak cuma kekayaan saja yang bisa diinvestasikan, tapi kesehatanmu juga harus loh! Menjaga kesehatan bisa kita sebut sebagai investasi, dimana kita menanamkan modal dalam bentuk hidup sehat supaya bisa menuai hasilnya dimasa tua nanti.

Sayangnya, banyak dari kita yang belum kepikiran soal hal ini. Masih ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari, yang tanpa sadar menggerus aset kesehatan kita. Apa aja sih?

1. Terlalu Banyak Makan Junk Food

Junk food adalah makanan dengan kadar gizi rendah, kadar kalori, lemak, minyak dan garam tinggi tapi rendah vitamin dan serat. Contohnya: kentang goreng, boba, sampai gorengan.

Konsumsi junk food berlebih bisa memicu penyakit kolesterol, diabetes, sampai gangguan ginjal! Bila terkena gagal ginjal atau diabetes, cuci darah mengeluarkan biaya sampai Rp 50-80 juta per tahun!

Baca juga:  Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Serta Kandungannya

2. Kekurangan Tidur

Kekurangan tidur bisa bikin penuaan, obesitas, depresi, penurunan sistem imun, daya ingat menurun, mengganggu kesuburan. Kebiasaan ini juga meningkatkan risiko penyakit kritis seperti penyakit jantung hingga stroke! Operasi jantung memerlukan Rp 50-100 juta dan perawatan pasca serangan stroke memakan biaya Rp 150-450 juta.

3. Gak Pernah Olahraga

Malas berolahraga? Kebiasaan kamu harus segera diubah karena kekurangan olahraga bikin kamu rentan terhadap beberapa penyakit kritis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, sampai kerusakan ginjal.

4. Menahan Kencing dan Malas Minum

Sekali-kali gak apa, tapi kalau terlalu sering menahan kencing dan malas minum bisa bikin kamu terkena infeksi saluran kemih. Nah, kalau sudah parah banget kamu harus mengeluarkan jutaan rupiah buat bedah saluran kemih di rumah sakit.

Baca juga:  10 Jenis Buah Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Inilah 4 kebiasaan yang berpotensi mengganggu kesehatan dan keuangan kamu di masa depan. Selain menghindari hal tersebut, kamu bisa juga mengantisipasi risiko finansial dengan membeli asuransi kesehatan.

Gimana, sudah siap memulai investasi hidup sehat dari sekarang?

  • Bagikan