5 Cara Mengatasi Anak Yang Suka Jajan

  • Bagikan
Anak Yang Suka Jajan 5 Cara Mengatasi Anak Yang Suka Jajan

Orangtua perlu berhati-hati bila ternyata anak lebih suka menghabiskan jajanannya daripada makanan yang ada di rumah. Karena bisa jadi ini pertanda ia sudah ‘kecanduan’ jajan di luar.⁣

⁣Bila jajannya anak sudah bukan lagi selingan, tapi sudah menjadi kebutuhan dasarnya maka orangtua perlu melakukan langkah antisipasi agar kebiasaan jajan ini tidak menjadi masalah besar bagi kesehatannya kelak.⁣

Nah, untuk itu mari kita coba terapkan lima cara mengatasi anak yang suka jajan dengan tips berikut ini yuk Bund!

1. Beri Penjelasan Mengenai Dampak Buruknya

Jelaskan kepada anak mengenai bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan bila ia konsumsi berlebihan. Gunakan bahasa sederhana sesuai dengan usia perkembangan anak.

Baca juga:  Penyebab Anak Tidak Mau Mendengarkan Nasihat Orangtua

Memang terkadang anak balita akan sulit untuk menerima penjelasan kita, tapi tetap saja tidak ada salahnya untuk berikan penjelasan padanya. Bila ternyata ada kejadian ia sakit karena jajan di luar dengan berlebihan, gunakan kesempatan keadaan ini untuk kembali memberikannya penjelasan.

2. Sediakan Cemilan Sehat Di Rumah

Biasanya anak ikutan jajan di luar rumah karena terdorong oleh kebiasaan atau ajakan temannya atau bisa juga karena dirumah tidak ada cemilan. Cobalah Bunda sediakan cemilan sehat yang ia sukai. Bisa juga ajak anak untuk membuatnya bersama-sama.

3. Bawakan Bekal Bila Ia Pergi Ke Sekolah

Supaya ia tidak mudah tergoda jajan di luar, maka Bunda bisa biasakan membawakannya bekal dari rumah. Membawa bekal sebetulnya bisa jadi lebih menguntungkan buat Bunda. Karena pastinya akan lebih hemat, Bunda juga bisa mengontrol jenis makanan yang anak konsumsi.

Baca juga:  Arti Fobia dan Jenis Fobia Yang Bisa Dialami Anak

4. Jadilah Contoh Bagi Anak

Terkadang anak menjadi suka jajan di luar karena adanya kebiasaan di rumah. Maka dari itu ubahlah kebiasaan menghentikan pedagang yang lewat di depan rumah atau memborong makanan kecil saat belanja kebutuhan pokok di swalayan atau toko langganan.

5. Konsisten Terhadap Aturan dan Kebiasaan

Aturan yang Bunda berikan kepada anak serta kebiasaan baru yang diterapkan akan sia-sia jika kemudian orang tua justru melanggar semua aturan tersebut.

Misalkan saat tidak sempat membuat sarapan atau cemilan, maka memberi anak uang jajan berlebih sebagai penggantinya. Sebagai antisipasi sediakan selalu beberapa lembar roti tawar di rumah sehingga Bunda bisa mengolahnya menjadi sandwich atau roti panggang yang lezat.

  • Bagikan