VPS HOSTING
VPS HOSTING

7 Kuliner Khas Kota Kebumen

  • Bagikan
kebumen 7 Kuliner Khas Kota Kebumen

Kebumen merupakan salah satu kota di Jawa tengah. Berkeyakinan dipesisir selatan berdekatan dengan kota Purwokerto. Orang-orang banyak mengenal kebumen sebagai salah satu daerah ngapak.

Salah satu ciri khas kebumen terletak pada keanekaragaman kulinernya. Bahkan masih ada yang belum terekspose.

Kuliner kebumen kebanyakan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Bagi sobat yang penasaran silahkan membaca ulasan berikut.

1. Lanthing

Ini merupakan makanan ringan khas kebumen dan sekitarnya. Lanthing terbuat dari singkong yang kemudian digoreng hingga menjadi sejenis kerupuk.

Lanthing cocok dibawa pulang sebagai cemilan. Sebagai pendamping makanan berat. Lanthing ini juga banyak varian rasa ada manis, asin dan pedas.

2. Sale Pisang

Sale Pisang 7 Kuliner Khas Kota Kebumen

Kebumen terkenal sebagai daerah pemasok pisang. Maka tak heran bila daerah ini banyak olahan pisang. Salah satunya sale ini.

Sale pisang adalah olahan pisang yang sudah dikeringkan dibawah sinar matahari selama beberapa hari. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kadar air dan agar sale lebih tahan lama dari kadaluarsa.

Sale pisang sendiri berbentuk mirip kripik pisang hanya saja sale memiliki cara pembuatan yang berbeda. Sale pisang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Nasi Penggel

Merupakan sajian yang biasa jadi sarapan masyarakat kebumen. Biasanya dijual di pagi hari dan banyak ditemukan dipinggiran jalan kota kebumen.

Nasi Penggel memiliki arti “bulat” merujuk pada bentuk nasinya yang bulat menyerupai bola pingpong.

Tersusun dari bahan utama nasi yang dicampur dengan sayur lodeh dan lain pauk seperti tahu dan tempe bacem. Kuliner ini cocok untuk mengisi perut keroncongan.

4. Peyek Yutuk

Kalau teman-teman mengunjungi pantai di kebumen. Pasti tidak sulit menemukan camilan khas ini.

Jika kebanyakan peyek berbahan ikan kering atau udang. Peyek ini terbuat dari Yutuk atau dikenal sebagai undur-undur laut.

Peyek Yutuk paling bisa dinikmati saat melihat panorama pantai. Jangan lupa cocol juga dengan sambal kacang. Perpaduan rasa gurih dan pedasnya memanjakan lidah.

5. Soto tamanwinangun

Soto ini berasal dari daerah tamanwinangun, kebumen. Soto ini berbeda dari lainnya. Jika soto biasa berkuah bening, soto ini malah berkuah santan. Daging yang digunakan pun bukan ayam  melainkan bebek serati.

Soto ini disajikan dengan ketupat.sehingga cepat mengenyangkan perut dari rasa lapar.

6. Sate Ambal

Sate kebumen 7 Kuliner Khas Kota Kebumen

Sate ini sangat populer dikalangan masyarakat kebumen. Terbuat dari daging ayam halus yang dibumbui dengan campuran tempe rebus, sambal, kecap dan jahe.

Ini tentu berbeda dari sate jenis lain. Secara warna juga unik. Sate Ambal berwarna kuning kecoklatan dan sedikit encer.

Cita rasa sate Ambal juga membuat lidah bergoyang. Kita bisa merasakan 3 rasa ( pedas, gurih, manis) dalam satu gigitan.

7. Golak / Gembus

Satu lagi makanan kebumen yang tidak boleh dilewatkan namanya gembus. Cemilan ini terbuat dari bahan dasar singkong dan tepung. orang kebumen memakan gembus ini saat hajatan atau saat pagelaran wayang.

Tapi golak ini juga bisa dijadikan cemilan yang bisa dibawa pulang. Karena sudah ada produk keringnya.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *